Ganjar Tak Ikut Pasang Profil Semangka di Instagram, Netizen: Kenapa?

Forumterkininews.id, Jakarta- Capres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo tak ikut memasang profil semangka di akun Instagram pribadinya @ganjarpranowo.

Hal tersebut berbeda dengan dua rivalnya di pilpres 2024 yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Keduanya, kompak memasang profil foto semangka sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina.

Publik pun bertanya, mengapa Ganjar terkesan diam bahkan tak memposting dukungan apa pun soal Palestina? padahal, eks Gubernur Jawa Tengah itu adalah calon pemimpin Indonesia. Yang mana Indonesia sampai saat ini tegas mendukung kemerdekaan Palestina.

Baca Juga: Solidaritas untuk Palestina, Prabowo-Anies Pakai Profil Semangka

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai, sikap Ganjar terhadap konflik Israel Palestina berbeda dengan Prabowo dan Anies.

Ganjar, kata Emrus, tak hanya menentang serangan Israel terhadap Palestina lewat kata-kata. Namun, ia melakukannya lewat tindakan.

Emrus pun mencontohkan salah satu tindakan nyata Ganjar yang menentang Israel yang kemudian viral pada masanya. Yakni saat Ganjar menentang partisipasi Timnas Israel di Piala Dunia U-20.

“Ganjar pada saat menolak Israel pada perhelatan Piala Dunia U-20 itulah Ganjar sebagai seorang negarawan. Kalau dia berpikir soal elektoral, lebih baik dia diam,”kata Emrus dalam keterangannya, Selasa (7/11).

Ganjar, lanjutnya, juga lebih visioner dari para capres lainnya dalam merespons konflik Israel-Palestina.

“Ini karena Prabowo dan Anies tidak menunjukkan pernyataan atau tindakan konkret. Yang menunjukkan komitmen sama terhadap dukungan terhadap kemerdekaan Palestina,”tandasnya.

Sementara itu, pertanyaan publik kenapa Ganjar tak pasang profil semangka muncul setelah Prabowo dan Anies lebih dulu melakukannya pada Minggu, (5/11). Tepatnya setelah aksi solidaritas Palestina berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Anies hadir dan ikut berorasi dalam aksi tersebut. Sementara Prabowo tak hadir secara fisik karena sebelumnya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan bantuan kemanusiaan pertama Indonesia untuk Palestina.

BACA JUGA:   Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Bakal "Soft Launching" 1 Oktober 2023

Pada Senin, (6/11) Prabowo juga mengunggah postingan di Instagram yang menampilkan pertemuannya dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun di kantornya, Kementerian Pertahanan RI.

Dihujat habis-habisan

Pada Maret- April 2023 lalu, Ganjar menjadi bulan-bulanan netizen di media sosial karena secara keras menolak Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

“Dalam konteks (Piala Dunia) U-20 kami mendorong upaya-upaya yang mesti dilakukan oleh pemerintah. Dalam hal ini menerobos agar U-20 tetap sukses tapi tidak menghadirkan Israel,” tegas Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis (23/3) lalu.

Usai pernyataannya, netizen tak henti-hentinya mengirimkan hujatan, makian hingga sumpah serapah untuknya.

Mereka kecewa dengan sikap Ganjar yang pada akhirnya menimbulkan pro kontra di Indonesia dan menyebabkan Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Menurut netizen, Ganjar menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas gagalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Ganjar, disebut mengubur mimpi para pemain muda Indonesia yang ingin merasakan bertanding di Piala Dunia. Tak ayal, sejumlah pemain menyuarakan kekecewaannya pada Ganjar secara terang-terangan.

Tak hanya menulis komentar kecewa di unggahan Ganjar, beberapa dari mereka juga berbicara di ruang publik dan mengatakan kecewa pada Ganjar.

Artikel Terkait

Pilot Susi Air Bebas, Kapolri Ucapkan Selamat

FT News – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengucapkan...

Presiden Joko Widodo Apresiasi TNI-Polri Sukses Bebaskan Philip Mark Mehrtens

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi...

Rocky Gerung: Jokowi Akan Crash Landing

FT News – Akademisi yang juga pengamat politik, Rocky...