Gara-gara Squid Game Industri Garmen Korea Banjir Orderan

Forumterkininews.id, Seoul- Pabrik-pabrik baju di Korea Selatan mendadak kebanjiran pesanan baju seragam olahraga hijau beserta jumpsuit merah muda yang dikenakan oleh para karakter dalam serial fenomenal Squid Game.

Melansir Reuters, membludaknya pesanan tersebut seolah menjadi titik terang bagi industri garmen Korea Selatan yang telah berjuang selama pandemi.

Salah satu pemandangan banjir orderan itu terlihat di sebuah pabrik garmen seluas 598 meter persegi di distrik Seongbuk, ibu kota Seoul. Benang hijau dan merah muda beterbangan dari gulungan bertumpuk di mesin serger dengan suara ketukan keras dalam target untuk memenuhi pesanan.

“Oktober biasanya merupakan bulan yang lambat untuk industri menjahit, tetapi berkat Squid Game dan Halloween, kami berusaha keras untuk menjahit,” kata pemilik pabrik Kim jin-ja.

 “Kami sekarang menjahit 6.000 baju olahraga hijau muda untuk balita dan anak-anak,” tambahnya.

Berita Terkait : Pelanggan Netflix Naik Drastis, Ini Penyebabnya

Kim mengatakan penjualan tahunannya sebesar 1,5 miliar won (sekitar Rp125 miliar) anjlok menjadi sepertiga dari yang biasa ia hasilkan setelah pandemi Covid-19 melanda. Sebagian besar pesanannya datang dari Jepang tetapi pembatasan perjalanan memaksanya untuk tutup pada bulan Agustus dan September.

Kini Kim berharap pesanan akan bertahan setelah Halloween dan melihat peluang yang lebih baik untuk ekspor baru dengan label “Made in Korea”.

Industri garmen Korea Selatan telah mengalami penurunan bahkan sebelum pandemi dengan tingkat upah yang lebih tinggi sehingga sulit untuk bersaing dengan China, Vietnam atau Indonesia.

Baju olahraga Game Squid anak dijual seharga 30.000 won di Pasar Namdaemun, pasar tradisional terbesar di negara itu.

Seorang penjual garmen di pasar mengatakan dia dan yang lainnya tidak memiliki cukup baju olahraga untuk memenuhi permintaan yang melonjak.

BACA JUGA:   Menlu RI Sebut Hentikan Ancaman TBC Investasi Pembangunan

Squid Game telah ditonton oleh 142 juta rumah tangga sejak debutnya pada 17 September, menurut Netflix yang merupakan layanan streaming terbesar di dunia.

Artikel Terkait

Ini Alasan Anak Chester Bennington Menolak Vokalis Baru Linkin Park

FT News – Anak Chester Bennington, Jaime Bennington buka...

Anak Chester Bennington Protes Vokalis Baru Linkin Park

FT News – Anak Chester Bennington, Jaime Bennington protes...

Emily Armstrong Akui Ada Bayang-Bayang Chester Bennington

FT News – Vokalis baru Linkin Park, Emily Armstrong...

Keganasan Topan Yagi di Vietnam: 127 Orang Tewas, 54 Hilang

FT News - Korban jiwa terjangan angin Topan Yagi...