Gaya Kampanye Mirip Anies Baswedan, RK: Fokus Pada Substansi

FT News – Gaya kampanyenya disebut mirip dengan apa yang dilakukan Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden 2024 lalu, Ridwan Kamil (RK) mengaku tak mau ambil pusing dengan berbagai komentar.

Gaya kampanye yang dimaksud adalah ‘Desak Anies’ yang konsepnya mirip dengan apa yang dikerjakan oleh Ridwan Kamil saat ini.

RK mengklaim kegiatan dengan konsep seperti yang dilakukannya saat ini sudah diaplikasikan olehnya di banyak tempat. RK berharap masyarakat akan lebih fokus pada substansi, bukan hanya pada kemiripan program.

“Poinnya saya pernah melakukan begini di banyak tempat juga ya, bahwa mungkin sama dengan Desak Anies saya kira nggak masalah,” ucapnya di Kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (14/9).

“Fokus pada substansinya. Kalau mirip tidak mirip, saya kira bukan hal penting untuk diperdebatkan, yang diperdebatkan itu kan isinya, dialognya,” tuturnya.

Acara BARK versi Ridwan Kamil yang dinilai sangat mirip dengan Desak Anies. (Foto: Ist)

Adapun program sosialisasi RK yang disebut mirip dengan Desak Anies adalah kegiatan bernama Bongkar Aspirasi Ridwan Kamil (BARK).

Dalam acara tersebut terlihat konsep yang tidak jauh berbeda dengan Desak Anies. Di mana RK akan duduk di atas panggung dan menjawab semua pertanyaan serta keluh kesah audiens terkait berbagai persoalan di Jakarta.

Ridwan Kamil dan Suswono akan berpasangan dalam Pilgub Jakarta 2024. (Foto: Ist)

RK menjelaskan, nama BARK berasal dari bahasa Inggris yang artinya menggonggong. Nama tersebut dipilihnya dengan harapan masyarakat Jakarta tak segan untuk menyampaikan kritik dan saran terhadap gagasan yang disampaikan oleh RK.

“Jadi orang bisa memaki, mengkritisi selama tidak body shaming lah ya. Yang dimaki adalah program, gagasannya silakan. Kenapa? Karena kita kan sudah memlih demokrasi jadi istilahnya itu,” jelasnya.

Artikel Terkait