Gaza Tanpa Internet, Warganet Minta Elon Musk Bantu Pakai Starlink

Forumterkininews.id, Gaza-  Ketika Gaza mengalami pemadaman komunikasi total pada Jumat, (27/10), sebuah kampanye mulai menjadi tren di platform media sosial X. Yang mana warganet mendesak Elon Musk untuk memberi daya pada wilayah Gaza dengan internet Starlink.

Melansir Aljazeera, Starlink milik SpaceX terdiri dari “konstelasi ribuan satelit” yang mengorbit sangat dekat dengan Bumi pada jarak sekitar 550 km (340 mil) dari permukaan. Sehingga memudahkan penyediaan layanan internet di wilayah pedesaan dan terpencil di dunia. Saat terminal internet dan kabel tidak kuat.

Elon Musk selaku CEO SpaceX, awalnya  menanggapi postingan yang menyerukan dukungan Starlink untuk Gaza. Namun ia mengatakan bahwa tidak jelas siapa yang memiliki otoritas untuk jalur darat di daerah yang terkepung itu.

“Tidak ada terminal dari Gaza yang mencoba berkomunikasi dengan konstelasi kami,”kata Musk.

“Namun Starlink akan mendukung konektivitas ke organisasi bantuan yang diakui secara internasional di Gaza.”imbuhnya.

Bisakah Starlink berfungsi di Gaza?

Meskipun tagline Starlink adalah janji “konektivitas di tempat yang paling tidak Anda duga”, Marc Owen Jones, profesor Kajian Timur Tengah di Universitas Hamad Bin Khalifa yang berbasis di Doha, tidak yakin apakah hal tersebut dapat berhasil di Gaza.

“Kami telah melihat 500.000 postingan di X yang mengatakan Starlink harus memberi daya pada Gaza. Namun masyarakat tidak menyadari bahwa ‘Starlink untuk Gaza’ adalah suatu kemustahilan,” katanya kepada Al Jazeera.

“Terminal atau antena Starlink di Gaza akan sulit untuk diselundupkan dan didistribusikan dalam skala besar. Pemerintah Israel kemungkinan tidak akan mengizinkan impor legal,” papar Jones.

Owen Jones juga mencatat bahwa jaringan Starlink bergantung pada stasiun bumi yang memerlukan persetujuan di Gaza, yang menurutnya tidak mungkin terjadi dalam situasi saat ini.

BACA JUGA:   Fakta Tentang Islam Dipalsukan, "The Lady of Heaven " Dicekal di Maroko

“Memiliki terminal Starlink dengan transmisi dua arah dapat membahayakan warga Gaza jika terdeteksi oleh otoritas Israel,” paparnya, seraya menambahkan bahwa penyediaan internet kemungkinan akan mendapat tentangan dari pemerintah Amerika Serikat dan Israel.

Artikel Terkait