Gedung Putih Tuding Iran Suplai Senjata Perang ke Rusia

Forumterkininews.id, Washington- Gedung Putih menyebut pihaknya yakin bahwa Iran telah menyediakan ratusan kendaraan udara tak berawak, termasuk drone berkemampuan senjata untuk Rusia yang digunakan dalam invasi ke Ukraina.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan AS memiliki  informasi yang menunjukkan Iran sedang mempersiapkan hal-hal penting untuk melatih pasukan Rusia bulan ini.

“Informasi kami menunjukkan bahwa pemerintah Iran sedang bersiap untuk menyediakan Rusia hingga beberapa ratus UAV, termasuk UAV berkemampuan senjata dalam waktu yang dipercepat,” katanya pada Senin (11/7) dikutip AP.

Pernyataan Sullivan datang pada malam perjalanan Presiden Joe Biden ke Israel dan Arab Saudi, di mana program nuklir Iran di  kawasan itu akan menjadi subjek utama diskusi.

Pendpaat mengenai Iran yang disebut membantu mempersenjatai kembali Rusia juga  datang karena Israel dan Arab Saudi telah menolak bergabung dengan upaya global untuk menghukum Rusia atas invasinya ke Ukraina karena kepentingan domestik mereka.

Sullivan mencatat bahwa Iran telah menyediakan kendaraan udara tak berawak serupa kepada pemberontak Houthi Yaman untuk menyerang Arab Saudi sebelum gencatan senjata dicapai awal tahun ini.

 

 

Artikel Terkait