Gembong Narkoba “El Chapo Asia” Dijebloskan ke Tahanan Australia

Forumterkininews.id, Sydney- Polisi Federal Australia (AFP) mengatakan  telah menahan kepala sindikat perdagangan narkoba global, yang dijuluki ‘El Chapo Asia’, ke dalam tahanan setelah dia diekstradisi dari Belanda.

AFP mengatakan pada Kamis, (21/12) bahwa penangkapan itu adalah puncak dari penyelidikan jangka panjang terhadap sindikat kejahatan terorganisir yang dikenal sebagai “Sam Gor”, atau “Perusahaan”, yang dikatakan menyelundupkan metamfetamin senilai jutaan dolar ke Australia.

Melansir Reuters, AFP tidak mengidentifikasi nama orang yang ditangkap, dan biasanya tidak mengungkapkan nama orang yang ditangkap sebelum persidangan.

Namun, seseorang yang mengetahui kasus tersebut mengatakan pria yang ditangkap adalah warga negara Kanada, Tse Chi Lop, salah satu gembong narkoba paling terkemuka di dunia. Dia menghadapi hukuman maksimal seumur hidup di penjara.

Orang tersebut menolak untuk diidentifikasi dengan alasan kurangnya otorisasi untuk membahas kasus tersebut secara terbuka.

Pria kedua telah  ditangkap oleh AFP pada bulan Juni sehubungan dengan kasus tersebut.

“Kami menduga orang-orang yang didakwa oleh AFP hari ini dan pada bulan Juni tahun ini bersekongkol untuk memperdagangkan metamfetamin dalam jumlah komersial di Australia,” kata Asisten Komisaris AFP Krissy Barrett.

Ia menyebut, AFP juga akan menjadikan Australia lingkungan yang tidak bersahabat bagi semua sindikat kejahatan serius trans-nasional terorganisir yang menargetkan komunitas kami.

Artikel Terkait