Gempa di Afghanistan Tewaskan 26 Orang

Forumterkininews.id, Kabul – Sedikitya 26 orang tewas setelah gempa bumi melanda Afghanistan barat pada Senin (17/1).

Melansir AFP, para korban tewas ketika atap rumah mereka runtuh di distrik Qadis di provinsi barat Badghis, usai gempa berkekuatan Mag 5,3 melanda wilayah itu.

“Lima wanita dan empat anak-anak termasuk di antara 26 orang yang tewas dalam gempa bumi itu,” kata juru bicara provinsi Baz, Mohammad Sarwary.

Ia menambahkan, gempa itu juga menimbulkan kerusakan pada penduduk distrik Muqr di provinsi itu tetapi rincian termasuk korban masih belum tersedia.

Afghanistan sudah berada dalam cengkeraman bencana kemanusiaan, yang diperburuk oleh pengambilalihan negara oleh Taliban pada Agustus ketika negara-negara Barat membekukan bantuan internasional dan akses ke aset yang disimpan di luar negeri.

Diketahui, Qadis adalah salah satu daerah yang paling parah terkena dampak kekeringan dan hanya mendapat sedikit manfaat dari bantuan internasional dalam 20 tahun terakhir.

Negara ini sering dilanda gempa bumi, terutama di pegunungan Hindu Kush, yang terletak di dekat persimpangan lempeng tektonik Eurasia dan India.

Artikel Terkait