Gempa Melanda Suriah, Kemlu Pastikan Tidak Ada Korban WNI

Forumterkininews.id, Jakarta – Suriah dihantam Gempa. Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu) RI memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang jadi korban.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Suriah merupakan salah satu negara yang kena dampak gempa selain Turki.

Diberitakan situs resmi Kemlu, untuk memastikan keselamatan WNI pasca gempa di Suriah (7/2), Kemlu RI melalui KBRI Damaskus telah mengirimkan tim ke 4 wilayah terdampak, yakni Hama, Homs, Latakia, dan Aleppo. Keselamatan WNI menjadi prioritas dan perhatian utama KBRI.

Hingga hari ini (9/2), belum tercatat adanya WNI yang menjadi korban. Sementara itu, 3 orang PMI yang berada di Shelter KBRI Damaskus di Aleppo juga dalam kondisi baik.

Saat ini Pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan rencana pengiriman bantuan ke Suriah. KBRI Damaskus terus berkomunikasi dengan Pemerintah Suriah terkait kebutuhan dan mekanisme penyaluran bantuan kemanusiaan. Koordinasi intensif juga dilakukan Kemlu dengan Kedubes Suriah di Jakarta.

Terkait dengan rencana pengiriman bantuan ini, Dubes RI untuk Suriah, Wajid Fauzi, menyebutkan (9/2) bahwa kondisi keamanan di Bandara Damaskus cukup kondusif untuk memfasilitasi kedatangan bantuan kemanusiaan dari Indonesia.

Untuk mencari tahu informasi mengenai WNI di Suriah, Kemlu siapkan Hotline KBRI Damascus : (+963) 9544 44810

Artikel Terkait