Geser China, India Catat Populasi Terbanyak di Dunia

Forumterkininews.id, Mumbai- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut dalam sebuah pernyataan bahwa pada akhir minggu ini, India akan menggeser China sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia.

Melansir Metro.co.uk, populasi China mencapai puncaknya tahun lalu sebesar 1.436.000.000jiawa dan sejak itu mulai merosot, membuat para pejabat pusing karena mereka berjuang menghadapi angkatan kerja yang menua.

Tetapi India, di mana hampir 80 persen orang India berusia di bawah 50 tahun, akan melihat populasinya tumbuh selama ‘puluhan tahun’ yang akan datang.

Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB (DESA) mengatakan kemarin bahwa populasi India akan mencapai 1.425.775.850 jiwa pada akhir bulan ini.

“Tiongkok akan segera menyerahkan status lama sebagai negara terpadat di dunia,” kata departemen itu.

Meskipun demikian, para ahli demografi menambahkan bahwa hal ini sulit untuk dikatakan dengan pasti karena sensus terakhir India dilakukan pada tahun 2011.

Untuk semua yang diketahui PBB, India mungkin telah melampaui populasi China.

“Populasi China mencapai ukuran puncaknya 1.426.000.000 miliar pada tahun 2022 dan telah mulai turun. Proyeksi menunjukkan bahwa ukuran populasi China bisa turun di bawah 1 miliar sebelum akhir abad ini. Sebaliknya, populasi India diperkirakan akan terus bertambah selama beberapa dekade,”ungkap mereka.

Artikel Terkait