Giliran Peru Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Forumterkininews.id, Jakarta – Setelah Indonesia dibatalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, kini giliran Peru dibatalkan FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang rencananya akan diselenggarakan November-Desember 2023, Senin (3/4) malam.

Pembatalan Peru sebagai ruan rumah disampaikan Badan Sepakbola Dunia itu dalam laman resminya, FIFA. FIFA menyebut, kendati Peru dibatalkan namun jadwal turnamen tidak akan berubah, yakni tetap berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember. FIFA sendiri, melalui Biro Dewan-nya, kini bersiap mencari tuan rumah pengganti.

Alasan pembatalan Peru disebabkan ketidak mampuan tuan rumah untuk memenuhi komitmen-komitmennya terkait masalah infrastruktur yang diminta untuk dapat menyelenggarakan turnamen.

Meski terdapat hubungan kerja yang baik antara FIFA dengan Federasi Sepakbola Peru (FPF), FIFA menegaskan bahwa Peru telah kehabisan waktu untuk mengamankan investasi yang diminta, serta menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dengan pemerintah Peru untuk dapat memuluskan penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

FIFA menyatakan rasa terima kasih kepada FPF untuk semua usaha yang telah dilakukan. FIFA juga masih membuka kesempatan bagi Peru untuk menyelenggarakan turnamen-turnamen sepak bola pada masa yang akan datang.

Ini merupakan kedua kalinya dalam kurun waktu sepekan FIFA membatalkan tuan rumah untuk menyelenggarakan Piala Dunia junior, setelah sebelumnya mereka membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Berbeda dengan pembatalan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang mencantumkan alasan jelas mengapa FIFA mengambil keputusan itu, pembatalan Piala Dunia U-20 oleh FIFA tidak disertai alasan-alasan yang jelas. FIFA hanya menyebut keputusan itu diambil setelah melihat situasi terkini di Indonesia.

Polemik terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia muncul setelah adanya penolakan kehadiran Israel yang menjadi salahh satu peserta. Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bahkan menyatakan keberatannya terhadap kedatangan  Israel.

BACA JUGA:   Berharap Proses Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat Segera Rampung

 

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...