Hadapi Ancaman Rusia, NATO Tambah Jumlah Pasukan Tujuh Kali Lipat

Forumterkininews.id, Kiev – NATO berjanji menambah jumlah pasukannya tujuh kali lipat dalam perombakan terbesarnya selama lebih dari 30 tahun.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan, pasukan reaksi cepat blok itu akan ditingkatkan. Jika sebelumnya hanya 40.000 tentara. Saat ini ditambah menjadi lebih dari 300.000. Pasalnya saat ini Rusia menjadi ‘ancaman langsung’ terhadap keamanan mereka.

Kekuatan pertahanan tambahan itu kata Stoltenberg akan terdiri dari unit darat, laut dan udara dari berbagai negara anggota yang dapat dikerahkan dengan cepat jika negara NATO diserang. Beberapa dari mereka akan ditingkatkan ke ‘tingkat brigade’ dan dua kali lebih banyak negara akan memiliki kelompok tempur aktif.

Menurutnya, banyak unit di Eropa Timur ditempatkan pada ‘kesiapan tinggi’ untuk pertama kalinya dalam menanggapi invasi Vladimir Putin.

“Saya yakin Presiden Putin memahami jaminan keamanan kolektif kami. Dirinya juga memahami konsekuensi dari menyerang negara sekutu NATO,” katanya dikutip Metro.co.uk.

“Saya berharap ini memperjelas bahwa sekutu menganggap Rusia sebagai ancaman paling signifikan dan langsung terhadap keamanan kami.” tandasnya.

Menurutnya pertemuan para pemimpin dari negara-negara NATO minggu ini akan membahas rincian rencana tersebut. Penambahan personel ini merupakan ‘perombakan terbesar dari pencegahan dan pertahanan kolektif NATO sejak Perang Dingin.

Selain itu, NATO juga akan meningkatkan paket dukungan untuk Ukraina dan mempertimbangkan pengajuan Swedia dan Finlandia untuk bergabung ke dalam NATO.

Artikel Terkait