Hakim Putuskan Tolak Bebas Jaminan CEO FTX

Forumterkininews.id, Bahama – Sam Bankman-Fried harus melupakan keinginan untuk bebas dengan jaminan. Pasalnya, hakim di Bahama telah menolak permintaannya tersebut.

Otoritas AS mendakwa Mr Bankman-Fried dengan “salah satu penipuan keuangan terbesar dalam sejarah AS” pada hari Selasa.

Bankman-Fried telah mengindikasikan bahwa dia akan melawan ekstradisi ke AS. Namun, harus melupakan keinginannya untuk bebas menggunakan jaminan, demikian diberitakan BBC.

Pasalnya, Kepala Hakim Bahama JoyAnn Ferguson-Pratt menolak petisi untuk pembebasannya dengan jaminan. Dengan alasan risiko penerbangan yang “besar”, dan memerintahkan agar dia tetap ditahan di fasilitas pemasyarakatan hingga 8 Februari.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dia ditangkap di Bahama pada hari Senin. Ketua Komisi Keamanan dan Pertukaran (SEC), Gary Gensler mengatakan mantan bos FTX membangun “rumah kartu di atas dasar penipuan”.

Bulan lalu, FTX mengajukan kebangkrutan di AS, membuat banyak pengguna tidak dapat menarik dana mereka. Menurut pengajuan pengadilan, FTX berutang kepada 50 kreditur terbesarnya hampir $3,1 miliar (£2,5 miliar).

Tidak jelas berapa banyak orang yang memiliki dana di bursa akan mendapatkan kembali pada akhir proses kebangkrutan – meskipun banyak ahli telah memperingatkan itu mungkin sebagian kecil dari apa yang mereka setorkan.

Di antara tuduhan paling serius terhadap Bankman-Fried adalah bahwa dia menggunakan miliaran dolar dana nasabah. Hal ini untuk menopang perusahaan perdagangan investasinya, Alameda.

Artikel Terkait