Hamas Minta Warga Palestina Kumpul di Al-Aqsa, Ada Apa?

Forumterkininews.id, Gaza- Militan Hamas yang berkuasa di Gaza meminta warga Palestina ramai-ramai ke Masjid Al-Aqsa, Yerusalem Timur pada Jumat (13/10), sebagai protes atas pemboman Israel di daerah tersebut.

Melansir CNA, dalam sebuah pernyataan yang menyerukan “mobilisasi umum,” Hamas mendesak warga Palestina untuk melakukan protes di kompleks Masjid Al-Aqsa, salah satu tempat suci paling bergejolak di Timur Tengah.

Hamas bahkan mengimbau warga Palestina tetap berada di sana sepanjang hari Jumat, ketika umat Islam mengadakan salat berjamaah.

Baca Juga: Rangkuman Peristiwa di Hari Keempat Perang Israel- Palestina

Kompleks ini merupakan sisi tersuci ketiga umat Islam setelah Mekah dan Madinah dan paling suci bagi orang Yahudi. Yang menyebutnya sebagai Temple Mount. Bentrokan di kompleks tersebut turut memicu perang Israel-Gaza selama 11 hari pada Mei 2021.

Hamas juga mendesak warga Palestina di Tepi Barat untuk “berdemonstrasi, memobilisasi dan bentrok dengan pasukan dan pemukim Israel.

Militer Israel, yang juga saling bertukar serangan dalam beberapa hari terakhir dengan militan di perbatasan utara di Suriah dan Lebanon, belum memberikan komentar.

Israel telah menggempur Gaza dengan serangan udara dan tembakan artileri sebagai pembalasan atas amukan Hamas di Israel minggu ini.

Serangan ini menewaskan sedikitnya 1.300 orang di Israel dan lebih dari 1.500 warga Palestina juga telah terbunuh.

 

Artikel Terkait