Hampir 2 Juta Jemaah Haji Sudah Tiba di Makkah

Forumterkininews.id, Makkah-  Lebih dari 1,8 juta jemaah haji dari seluruh dunia hingga hari ini telah berkumpul di sekitar Makkah, Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Juru bicara Kementerian Haji Saudi, Ayedh al -Ghweinim  memperkirakan jumlah akan terus bertambah dan tahun ini jumlah jemaah akan mendekati 2 juta orang.

Apalagi, pelaksanaan haji tahun ini merupakan yang paling ditunggu-tunggu umat muslim sedunia pasca pandemi Covid-19. Hal itu juga memberi kesan spiritual tak biasa bagi tiap jemaah

Salah satunya seorang pengusaha Mesir bernama  Yehya Al-Ghanam. Ia mengatakan seperti kehilangan kata-kata untuk menggambarkan perasaannya saat tiba di Mina, salah satu kamp tenda terbesar di dunia, tempat jemaah akan tinggal selama ibadah haji.

“Air mata akan jatuh dari mataku karena kegembiraan dan kebahagiaan. Saya tidak tidur. Saya belum tidur selama 15 hari, hanya satu jam sehari,” katanya dikutip AP.

Haji sendiri adalah salah satu dari lima rukun Islam, dan semua Muslim diwajibkan untuk melakukan haji setidaknya sekali dalam hidup. Jika mereka mampu secara fisik dan finansial.

Bagi para jemaah, ini adalah pengalaman spiritual yang sangat mengharukan yang membaw  mereka lebih dekat kepada Allah Swt. Serta mempersatukan lebih dari 1,8 miliar Muslim di dunia.

Artikel Terkait

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...

Dampak Serangan Israel ke Lebanon, China Akan Bela Beirut

FT News – China mengutuk keras serangan brutal Israel...

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...