Hari Ini, Finlandia Bakal Resmi Gabung NATO

Forumterkininews.id, Brussel- Finlandia akan bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada Selasa (4/4), menandai selesainya perjalanan cepat menuju aliansi militer untuk negara Nordik setelah invasi Rusia ke Ukraina.

“Besok kami akan menyambut Finlandia sebagai anggota ke-31 NATO yang membuat Finlandia lebih aman dan aliansi kami lebih kuat,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg kepada wartawan di Brussel, dikutip Reuters.

“Kami akan mengibarkan bendera Finlandia untuk pertama kalinya di sini di markas NATO. Ini akan menjadi hari yang baik untuk keamanan Finlandia, untuk keamanan Nordik, dan untuk NATO secara keseluruhan,”jelas Stoltenberg.

Sementara itu, Presiden Finlandia Sauli Niinisto akan melakukan perjalanan ke Brussel untuk mengambil bagian dalam upacara tersebut.

Baca Juga : Finlandia Bolehkan Warganya Jadi Transgender Tanpa Sterilisasi

Finlandia sendiri memiliki perbatasan 1.300 km dengan Rusia, yang berarti perbatasan NATO dengan Rusia kira-kira akan menjadi dua kali lipat panjangnya, dan langkah tersebut menarik janji dari Moskow bahwa pihaknya akan memperkuat pasukannya di wilayah perbatasan.

Invasi Rusia ke Ukraina pada Februari tahun lalu mendorong Finlandia dan tetangganya Swedia untuk mengajukan keanggotaan NATO, mengabaikan non-blok militer selama beberapa dekade.

Artikel Terkait