Hari Kelapa Sedunia, Moeldoko Tanam Varietas Baru

Forumterkininews.id, Purwoketo – Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko ikut menanam varietas kelapa yang tergolong baru. Hal tersebut dilakukan tepat merayakan hari kelapa sedunia yang dirayakan setiap tanggal 2 September.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Moeldoko mengunjungi kebun Science Techno Park milik Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dimana varietas kelapa kopyor dibudidayakan.

Terjun langsung ke kebun yang terletak di kompleks UMP tersebut, Moeldoko menanamkan benih unggulan kelapa kopyor yang disebut sebagai varietas Genjah Kuning Sinumpur.

Ini merupakan varietas baru yang dikembangkan oleh Prof. Sisunandar, salah satu ahli biologi dari UMP. Tidak hanya menanam, Moeldoko juga memetik sendiri salah satu kelapa kopyor yang siap dipanen.

Setelah itu, sambil menikmati kopyor yang Ia petik sendiri, Moeldoko aktif berdiskusi dengan Prof. Sisunandar yang dijuluki sebagai profesor kelapa kopyor untuk mengetahui lebih jauh potensi ekonomi dan manfaat dari kelapa kopyor.

“Kelapa kopyor ini produk unggulan yang bisa mendatangkan banyak potensi bagi negara,” kata Moeldoko di sela-sela kunjungannya ke Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (2/9).

“Saya harap anak-anak muda mulai melirik varietas kelapa kopyor ini sebagai kesempatan, jadi riset dan studi terhadap kelapa kopyor terus berkembang,” lanjutnya.

Sementara itu, Prof. Sisunandar pun sangat mengapresiasi perhatian yang diberikan oleh Kepala Staf Kepresidenan. Ia berharap agar pemerintah terus mendorong pengembangan kelapa kopyor.

“Kopyor ini hanya dimiliki oleh Indonesia. Kebun Science Techno Park UMP ini masih menjadi kebun nutfah kelapa kopyor satu-satunya di Indonesia. Harus ada kebun semacam ini di tempat lain, agar kopyor tidak hilang,” kata Prof. Sisunandar.

Artikel Terkait

Layanan Khusus Tri Bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

FT News - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH),...

Gianyar Bali 2 Kali Diguncang Gempa Pagi Tadi

FT News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)...

Pilot Susi Air Philip Mahrtens Sudah Bebas, Ini Proses Pembebasannya!

FT News - Pilot Susi Air, Philip Mark Mahrtens, akhirnya...