Hujan Deras, Dua Warga Parepare Tewas Tertimbun Longsor

Forumterkininews.id, Jakarta – Sedikitnya dua warga parepare, Sulawesi Selatan tewas setelah tertimbun longsor. Seperti diketahui hujan yang mengguyur Kota Parepare sejak Rabu malam menyebabkan empat kecamatan terendam banjir. Hujan juga membuat longsor di dua wilayah.

Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo mengatakan, empat kecamatan yang terdata mengalami banjir antara lain Kecamatan Bacukiki, Kecamatan Ujung, Kecamatan Soreang dan Kecamatan Bacukiki Barat.

“Iya banjir dan longsor disebabkan ada luapan air pasang di 18 titik di Kota Parepare. Hal ini mengakibatkan terjadinya banjir dan longsor,” kata Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo, Kamis (2/2).

Amson mengatakan rumah warga di empat kecamatan tersebut tergenang banjir. Beberapa fasilitas umum juga ikut terdampak. Sementara dua korban tewas telah dievakuasi.

“Korban tertimbun longsor ada dua orang. Tapi Tim SAR gabungan telah mengevakuasi korban ke rumah sakit,” ujarnya.

Amson menyebut masih mendata jumlah warga terdampak banjir dan longsor di Parepare.

“Hingga saat ini TRC-PB dan staf BPBD melakukan evakuasi dan penanganan terhadap kejadian tersebut,” katanya.

Sementara sejumlah pasien, termasuk seorang ibu dan bayinya yang sempat terjebak banjir saat hujan deras mengguyur malam tadi berhasil dievakuasi ke rumah sakit di Parepare.

“Kami berada di Puskesmas Bojo Baru, untuk mengevakuasi pasien karena air sudah naik sampai setinggi lutut,” kata Tim SAR Batalyon B Satbrimob Polda Sulsel, Bripka Ismail, Kamis (2/2) dini hari.

Beberapa pasien yang sempat terjebak banjir, kata Ismail, dirujuk ke rumah sakit di Parepare untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan.

“Pasien ada yang dibawa ke Parepare dan pasien lainnya yang sudah dinyatakan sembuh dikembalikan ke rumah keluarganya masing-masing,” ujarnya.

Ismail menyebut air yang merendam Puskesmas Bojo Baru sudah kembali surut. Meski demikian, Tim SAR gabungan masih terus memantau ketinggian air lantaran hujan masih mengintai.

BACA JUGA:   Tabrak Separator Busway, Pengemudi Toyota Camry Tewas di Tempat

“Kita tetap antisipasi apabila terjadi banjir susulan. Tapi saat ini air sudah mulai turun dan di area puskesmas ini air sudah surut,” katanya.

Artikel Terkait