Hujan Deras Guyur Masjidil Haram, Jemaah Tawaf Basah Kuyup

Forumterkininews.id, Makkah- Cuaca esktrem yang melanda Arab Saudi menyebabkan hujan deras di sekitar area Masjidil Haram, Makkah, pada Selasa, (23/8) malam.

Video yang diposting di media sosial memperlihatkan jemaah yang sedang melakukan tawaf – mengelilingi Ka’bah – basah kuyup bahkan terpeleset di lantai saat hujan deras mengguyur dan menghanyutkan benda-benda sekitar.

Juru bicara Pusat Meteorologi Nasional  (NCM) Saudi, Husaain al-Qahtani menyebut badai tersebut membawa angin kencang dengan kecepatan melebihi 80 kilometer (50 mil) per jam.

“Kondisinya mirip dengan badai tahun 2015 yang menjatuhkan derek di Masjidil Haram, menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai ratusan lainnya,”katanya dalam postingan di X dikutup Aljazeera.

Peringatan zona merah juga dikeluarkan di lokasi tersebut dan beberapa wilayah di Kerajaan karena cuaca yang tidak stabil diperkirakan akan berlanjut hari ini.

Namun demikian, pihak berwenang Saudi melaporkan tidak ada korban jiwa atau insiden signifikan akibat badai hari Selasa tersebut.

Banjir bandang sebagian besar telah mereda pada Rabu pagi, menurut warga, namun situasinya masih berisiko.

Pusat meteorologi bahkan memperingatkan akan adanya badai berikutnya yang juga membawa hujan, angin dan petir ke wilayah Mekah dan tempat lain di Arab Saudi bagian barat.

Artikel Terkait