Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Ditangkap di Sungai Mekong

Forumterkininews.id, Phnom Penh – Ikan air tawar terbesar yang tercatat di dunia, pari raksasa, ditangkap di Sungai Mekong di Kamboja, menurut para ilmuwan dari negara Asia Tenggara dan Amerika Serikat.

Ikan pari yang ditangkap pada 13 Juni itu berukuran hampir 4 meter dari moncong ke ekor dan beratnya sedikit di bawah 300kg, menurut sebuah pernyataan oleh Wonders of the Mekong, Senoin (20/6).

Rekor sebelumnya untuk ikan air tawar adalah ikan lele raksasa Mekong seberat 293 kg, yang ditemukan di Thailand pada 2005.

Ikan pari itu ditangkap oleh seorang nelayan lokal di selatan Stung Treng di timur laut Kamboja. Nelayan itu memberi tahu tim ilmuwan terdekat dari proyek  Mekong, yang telah mempublikasikan pekerjaan konservasinya di masyarakat di sepanjang sungai.

“Ya, ketika Anda melihat ikan seukuran ini, terutama di air tawar, sulit untuk dipahami, jadi saya pikir semua tim kami tercengang,” kata pemimpin Keajaiban Mekong Zeb Hogan dalam sebuah wawancara online dari University of Nevada di Reno, dikutip CNA.

Para peneliti mengatakan itu adalah ikan pari raksasa keempat yang dilaporkan di daerah yang sama dalam dua bulan terakhir, yang semuanya betina.

 Penduduk setempat menjuluki ikan pari “Boramy”, atau “bulan purnama”, karena bentuknya yang bulat.

Artikel Terkait