IMF Siapkan Rp17 Triliun untuk Bantu Atasi Banjir Pakistan

Forumterkininews.id, Islamabad –  Dana Moneter Internasional (IMF) telah setuju untuk mengeluarkan $1,17 miliar (Rp17 Triliun) dana kepada pemerintah Pakistan karena negara itu menangani korban tewas yang meningkat dan kerusakan yang meluas akibat banjir.

Melansir IndianExpress, Selasa (30/8), uang itu awalnya merupakan bagian dari pinjaman bailout pemerintah dari 2019, tetapi pembayaran terakhir telah ditunda setelah pemerintahan Imran Khan sebelumnya  tidak memenuhi tuntutan IMF untuk memotong subsidi energi.

“Alhamdulillah Dewan IMF telah menyetujui kebangkitan program EFF kami,” kata Menteri Keuangan Pakistan Miftah Ismail di Twitter.

Ia menambahkan, IMF juga telah setuju untuk memperpanjang program dengan tambahan 1 miliar dollar.

Bantuan itu datang ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meluncurkan seruan pada hari Selasa untuk mendanai bantuan darurat.

Menteri Perencanaan negara itu Ahsan Iqbal percaya rekonstruksi dapat menelan biaya lebih dari 10 miliar dollar.

Pemerintahan Perdana Menteri Shehbaz Sharif ini menarik kritik luas dalam beberapa bulan terakhir setelah memberlakukan tiga kenaikan harga bahan bakar – secara kumulatif berjumlah 50% – dan menaikkan biaya listrik untuk secara efektif mengakhiri subsidi pendahulunya.

Namun, kebijakan tersebut membawa pengeluaran pemerintah sejalan dengan persyaratan IMF yang ada untuk pinjaman besar-besaran.

Dalam sebuah pernyataan, IMF tidak menyebutkan banjir secara khusus tetapi menyambut baik pemotongan belanja baru.

“Perekonomian Pakistan telah diterpa oleh kondisi eksternal yang merugikan, karena dampak dari perang di Ukraina dan tantangan domestik,” kata wakil direktur pelaksana IMF Antoinette Sayeh.

Artikel Terkait