India Konfirmasi Kematian Cacar Monyet Pertama

Forumterkininews.id, Mumbai- India mengkonfirmasi kematian cacar monyet pertamanya pada Senin (1/8). Korban diketahui merupakan seorang pria muda di negara bagian selatan Kerala.

Pria India berusia 22 tahun itu meninggal Sabtu (30/7) lalu. Kini pemerintah mengisolasi 21 orang yang telah melakukan kontak dengannya.

“Orang itu mencapai Kerala pada 21 Juli tetapi mengunjungi rumah sakit pada 26 Juli. Saat itu dirinya menunjukkan tanda kelelahan dan demam,” kata Menteri Pendpatan Kerala K Rajan dikutip CNA.

Menteri Kesehatan Kerala, Veena George, mengatakan  bahwa keluarga pria itu melapor kepada pihak berwenang pada hari sebelumnya bahwa dia telah dites positif di Uni Emirat Arab sebelum kembali ke India.

Kementerian kesehatan federal India tidak berkomentar tentang kematian itu, kecuali mengatakan bahwa pemerintah telah membentuk satuan tugas pejabat senior untuk memantau kasus cacar monyet di negara itu, di mana media lokal telah melaporkan setidaknya lima infeksi. Akhir bulan lalu. WHO mengatakan  78 negara telah melaporkan lebih dari 18.000 kasus cacar monyet, mayoritas di Eropa.

Dikatakan virus cacar monyet menyebabkan penyakit dengan gejala yang lebih ringan daripada cacar dan terjadi terutama di Afrika tengah dan barat. Penyakit ini ditularkan dari hewan ke manusia. Serta penularan dari manusia ke manusia terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh,

Artikel Terkait