Indonesia Siap Fasilitasi Peran Pemuda untuk Sukseskan SDGs 2030

Forumterkininews.id, Bandung – Indonesia sebagai tuan rumah G20 tahun ini berupaya memfasilitasi peluang generasi muda guna menjadi aktor penting dalam Sustainable Development Goals (SDGs) pada 2030.

Upaya tersebut direalisasikan pemerintah dalam Forum Y20 yang mengangkat empat isu utama, yakni ketenagakerjaan pemuda. Kemudian transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni. Terakhir keberagaman dan inklusi.

“Pemerintah menyambut baik komunike Y20 dengan empat bidang yang menjadi fokus Komite Y20. Ke empat isu tersebut secara signifikan berdampak pada kaum muda di seluruh dunia,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Jumat (22/7).

Tak hanya itu, lanjut Airlangga, dukungan lain yang disediakan pemerintah guna mempersiapkan generasi muda diantaranya dengan mengalokasikan Rp373 triliun untuk bantuan pembiayaan usaha melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan mempermudah persyaratan dalam mengakses bantuan pembiayaan tersebut.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan program Kartu Prakerja yang menyediakan akses dan pembiayaan bagi generasi muda dalam melakukan upskilling dan reskilling.

Sehingga diharapkan mampu meningkatkan daya saing yang kompetitif dalam dunia kerja. Hingga saat ini, program Kartu Prakerja telah menjangkau 12,8 juta penerima yang didominasi generasi muda.

Dalam closing ceremony, politisi partai Golkar ini juga menyampaikan bahwa generasi muda memiliki potensi untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Tentunya yang berkelanjutan dan inklusif.

Ia pun berharap generasi muda nantinya mampu mengoptimalkan peran dalam menentukan masa depan bangsa. Hal ini bisa direalisasikan melalui partisipasi aktif dalam proses politik dan pengambilan kebijakan di masa mendatang.

Artikel Terkait