Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Medical Check Up!

Forumterkininews.id, Jakarta – Sering kali banyak yang menganggap sepele ketika tubuh mulai bekerja tidak baik atau sakit. Tapi perlu hati-hati, penyakit yang kita anggap sepele bisa jadi pintu masuknya penyakit besar lho!

Tubuh manusia tercipta dengan berbagai organ, fungsi dan perannya masing-masing. Mulai dari pengelolaan nafas, makanan hingga bekerjanya otak dan jantung.

Sayangnya tidak semua hal bisa ketahui tentang tubuh kita. Apalagi kita awam di bidang kesehatan. Nah, itulah pentingnya medical check up untuk ketahui apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh kita.

Apa sih medical check up?

Medical check up adalah suatu pemeriksaan tubuh secara menyeluruh. Awalnya keluhan, riwayat penyakit, serta gaya hidup kamu akan tim kesehatan tanyakan. Selanjutnya ada pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh, dan lainnya. Pemeriksaannya bukan hanya pemeriksaan fisik melainkan juga termasuk dalam bentuk tes laboratorium atau pemeriksaan lainnya.

Pemeriksaan bertujuan mengevaluasi kondisi kesehatan serta membantu mendiagnosis potensi masalah kesehatan yang mungkin muncul. Pemeriksaan ini adalah cara untuk mengidentifikasi penyakit sedini mungkin sehingga akan memudahkan perawatan dan pengobatannya.

Melansir website Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, terdapat tiga alasan mengapa medical check up rutin ini penting :

  1. Biaya Kesehatan Lebih Rendah

Pemeriksaan kesehatan rutin ini mengurangi risiko potensial penyakit yang berbahaya. Dalam beberapa kasus, pemeriksaan kesehatan rutin dapat membantu mengurangi risiko menjalani operasi dan pengeluaran medis lainnya.

  1. Mencegah Penyakit Berat

Karena pemeriksaan kesehatan rutin ini kita bisa mengidentifikasi penyakit berat sedini mungkin, sehingga akan lebih mudah dalam pengobatannya.

  1. Mengidentifikasi Penyakit terkait Stres

Mungkin menurut kamu hanya stres biasa, namun ternyata berawal dari stres itu bisa membawa kamu ke penyakit-penyakit lainnya, seperti gangguan mental, asma, depresi, atau bahkan alzheimer.

BACA JUGA:   17 Provinsi di Indonesia Nihil Kasus COVID-19

Lewat pemeriksaan ini, kamu dapat memastikan apa yang tubuhmu butuhkan untuk mencegah penyakit dari gaya hidup yang penuh stres.

Perlu diingat ya, medical check up secara rutin bukan hanya untuk para lansia atau penderita penyakit, melainkan juga untuk kita-kita yang merasa sehat. Tidak ada yang tahu kan kapan dan bagaimana penyakit itu datang.

Artikel Terkait

Dibongkar Nikita Mirzani, Vadel Badjideh Ternyata Baru Bebas dari Penjara

Nikita Mirzani serius akan menjebloskan Vadel Badjideh, kekasih putrinya,...

Mengenal Marga Badjideh, Apa Benar Keturunan Nabi Muhammad SAW?

FT News - Nikita Mirzani bersikap tegas dengan membawa...

Laporkan Vadel Badjideh, Nikita Mirzani Bawa Lolly ke Polres Jaksel buat Diperiksa

Nikita Mirzani membawa anaknya, Laura Meizani Nasseru Asry alias...

Jimi Hendrix Gitaris Paling Ikonik Sepanjang Masa Versi Billboard

FT News - Jimi Hendrix dinobatkan sebagai gitaris paling...