Ini Dia Profil Ronal Surapradja, Komedian yang Dicalonkan jadi Wagub Jawa Barat

FT News – Secara mengejutkan, Ronal Surapradja diumumkan sebagai calon wakil gubernur pilihan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk maju di Jawa Barat menemani Jeje Wiradinata.

Nama Ronal Surapradja disebutkan tepat di menit-menit terakhir pendaftaran ditutup yaitu kamis (29/08/2024) tengah malam. Sebelumnya, Ronal Surapradja tidak pernah tercium radar media dan masyarakat untuk menjadi salah satu calon dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

Ronal Surapradja saat mencalonkan diri di Dapil Jawa Barat XI. (Foto: Instagram)

Walaupun sebelumnya ia memang sempat berniat maju dalam Pilkada namun untuk wilayah Kota Bandung.

Pria yang lahir pada 26 Mei 1977 ini memiliki nama asli Ronal Sunandar Surapradja. Sebelum terjun ke dunia politik, pria asli Sunda kelahiran Bandung ini lebih dikenal sebagai presenter dan komedian.

Sebelum memulai karirnya sebagai presenter radio, Ronal Surapradja yang tumbuh besar di Bandung ini menempuh studinya di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran.

Nama Ronal Surapradja mulai dikenal publik setelah lolos audisi dan menjadi salah satu pemain komedi Extravaganza pada 2004-2008. Setelah itu, kemudian Ronal mulai terlibat dalam berbagai proyek di dunia hiburan seperti “Vina Bilang Cinta” dan “Janji Joni” pada tahun 2005. Kemudian di “Dunia Lain the Movie” pada tahun 2006. Ada juga acara Indonesia Lawak Club atau Waktu Indonesia Bercanda.

Ronal Surapradja bersama Gen Z saat mencalonkan diri di Dapil jawa Bawat XI. (Foto: Instagram)

Tidak hanya di dunia layar kaca, kecintaan Ronal Surapradja akan dunia musik juga mendorongnya mencoba peruntungan dengan merilis album. Setidaknya ada dua album yang sudah ia rilis yaitu Ronaldisko tahun 2008 dan RockNal tahun 2010.

Ronal Surapradja menikah dengan Seruni Purnamasari pada Mei 2008 dan memiliki dua orang anak. Namun, keduanya bercerai pada Juni 2023.

Sejak tahun 2024, Ronal Surapradja resmi masuk dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai caleg DPR dalam Pileg 2024 lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Namun, dalam peraturangan di Dapil Jawa Barat XI, ia tidak lolos setelah hanya memperoleh 5.747 suara.

BACA JUGA:   Tahanan Rutan Kelas I Depok Tewas, Ada Luka Tusuk di Dada Hingga Punggung

Selanjutnya, ia banting setir dengan memperkenalkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Bandung. Bahkan, ia juga sudah membuat sejumlah bahan kampanye dengan mengusung jargon Bandung Terbaiks.

Ronal Surapradja, kini mendampingi Jeje Wiradinata di Pemilihan Gubernur Jawa Barat. (Foto: Instagram)

Namun, hingga hari pendaftaran terakhir yaitu 29 Agustus 2024 pukul 23.30 WIB, Ronal tidak menunjukkan tanda-tanda akan mendaftar sebagai calon Wali Kota Bandung. Justru, menjelang menit-menit terakhir nama Ronal Surapradja diumumkan sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat, mendamping mantan Bupati Pangandara, Jeje Wiradinata.

Bahkan, baik Ronal Surapradja maupun Jeje Wiradinata tidak hadir untuk memberikan berkas ke KPUD Jawa Barat. Berkas keduanya diserahkan oleh dua politikus PDIP Jawa Barat, Ono Surono dan Abdy Yuhana yang sempat dikira sebagai kandidat PIDP untuk Pilkada Jawa Barat.

Tepat saat penutupan pendaftaran, Ronal Surapradja memberikan pernyataan di depan KPUD Jawa Barat dan media melalui panggilan video. Ia mengaku kaget namanya disebut sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat dalam Pilkada Serentak 2024.

Dalam panggilan video itu, Ronal Surapradja terlihat seperti berada dalam perjalanan. “Saya juga kaget, dalam sebuah acara baru saya dapat kabar ini,” ungkapnya, Jumat (30/08/2024).

“Sekali lagi, saya sadar ini sebuah tugas partai yang diberikan ke saya. Insya Allah saya siap maju mendampingi Pak Jeje,” tambahnya.

Dengan pendaftaran Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja yang diusung PDIP, maka Pilkada Jawa Barat 2024 akan diisi oleh tiga pasangan calon.

Artikel Terkait