Ini Link Penukaran Uang Baru BI, Dibuka Lagi 24-27 Maret 2025
Lifestyle

Bagi masyarakat yang mau melakukan penukaran uang baru, Bank Indonesia atau BI kembali membuka kesempatan ini di tanggal 24-27 Maret 2025, yang tersebar di 2.548 titik.
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Ramdan Denny Prakoso menyampaikan bahwa layanan penukaran uang baru bisa diakses melalui aplikasi Pintar atau Penukaran dan Tarik Uang Rupiah.
Ramdan mengatakan, dalam rangka meningkatkan kemudahan dan kenyamanan masyarakat dalam mengakses aplikasi Pintar, akan dilakukan penyesuaian untuk pemesanan layanan penukaran periode keempat.
Baca Juga: Masjid Kelima Atta Halilintar Telah Rampung Dibangun di Bulan Ramadan 2025
Namun, bagi yang ingin menukarkan uang lama dengan uang baru wajib daftar di situs maupun aplikasi Pintar BI pada 22-23 Maret 2025.
Pendaftaran tahap pertama:
Sabtu (22/3/2025) pukul 09.00-18.00 WIB untuk 1.505 titik lokasi penukaran di Pulau Jawa.
Baca Juga: Tujuh Uang Kertas Rupiah Baru Tahun Emisi 2022 Diluncurkan, Ini Wujudnya
Pendaftaran tahap kedua:
Minggu (23/3/2025) mulai pukul 09.00 WIB di 1.043 titik lokasi penukaran di wilayah luar Pulau Jawa.
Terdapat 254.800 kuota pendaftaran penukaran uang baru yang disediakan selama dua hari.
Ini jadi yang terakhir program penukaran uang baru yang digelar BI bertajuk Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2025.
BI telah menukarkan uang layak edar (ULE) sebanyak Rp 67,1 triliun atau 37 persen dari ULE yang sudah disediakan sebanyak Rp 180,9 triliun hingga Senin (17/3/2025).
Cara daftar penukaran uang baru di PINTAR BI
1. Silakan klik link https://pintar.bi.go.id
2. Siapkan KTP untuk pendaftaran.
3. Pilih layanan Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling.
4. Tentukan kota, lokasi, serta tanggal penukaran yang tersedia.
5. Isi data diri dengan nama lengkap, NIK, nomor HP, dan email.
6. Pilih nominal penukaran sesuai kebutuhan.
7. Konfirmasi pemesanan dan unduh bukti pemesanan.
8. Datang ke lokasi penukaran sesuai jadwal yang dipilih dengan membawa KTP dan bukti pemesanan.