Invasi Rusia ke Ukraina Tewaskan 137 Orang, 100 Ribu Mengungsi

Forumterkininews.id, Kiev- Buntut invasi Pasukan Rusia ke Ukraina, Kamis (24/2), telah menyebabkan setdikitnya 137 orang tewas dan 100.000 penduduk Ukraina mengungsi.

Pasukan Rusia yang menggempur pinggiran wilayah Kiev terus menembakkan rudal yang menghujani kota-kota besar dan memaksa warga sipil untuk berlindung.

“Di seluruh Ukraina, sedikitnya 137 “pahlawan” tewas dan 316 orang terluka setelah hari pertama pertempuran,” ujar Presiden Volodymyr Zelensky, dikutip AFP.

Zelensky menyebut saat ini ada “tirai besi baru” antara Rusia dan seluruh dunia, seperti dalam Perang Dingin.

Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, daerah yang masih sangat terkontaminasi dengan bahan radioaktif setelah ke meledak pada tahun 1986, mendorong pengawas nuklir IAEA untuk menyerukan penahanan.

Baca Juga: Lima Jet Rusia Ditembak Jatuh, Warga Ukraina Diselimuti Ketakutan

Saksi mata mengatakan kepada AFP bahwa pasukan terjun payung Rusia merebut kendali lapangan udara strategis Gostomel, di pinggiran barat laut Kyiv, setelah menukik dengan helikopter dan jet dari arah Belarus.

“Helikopter datang dan kemudian pertempuran dimulai. Mereka menembakkan senapan mesin, peluncur granat,” kata seorang warga bernama Sergiy Storozhuk.

Di tempat lain, pasukan darat Rusia bergerak ke Ukraina dari utara, selatan dan timur, memaksa banyak warga Ukraina meninggalkan rumah mereka saat suara bom bergema.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah berhasil menyelesaikan tujuan mereka untuk hari pertama invasi. Setelah sebelumnya mengklaim berhasil menghancurkan lebih dari 70 sasaran militer Ukraina, termasuk 11 lapangan udara.

 

 

 

Artikel Terkait