Irak Usir Dubes Swedia Buntut Aksi Bakar Alquran

Forumterkininews.id, Baghdad- Irak mengusir duta besar Swedia pada Kamis (20/7) sebagai protes atas rencana pembakaran Alquran di Stockholm yang telah mendorong ratusan pengunjuk rasa menyerbu dan membakar kedutaan Swedia di Baghdad.

Melansir Reuters, pemerintah Irak mengatakan nergara itu bahkan menarik kembali kuasa usahanya di Swedia, dan kantor berita negara Irak melaporkan bahwa Irak telah menangguhkan izin kerja Ericsson Swedia di tanah Irak.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom juga  mengatakan staf di kedutaan Swedia di Baghdad aman tetapi otoritas Irak telah gagal dalam tanggung jawab mereka untuk melindungi kedutaan.

Sementara itu, Pemimpin kelompok bersenjata Hizbullah Lebanon yang kuat, Sayyed Hassan Nasrallah, meminta negara-negara Arab dan Islam untuk mengikuti Irak dalam mengusir duta besar Swedia dan menarik utusan mereka dari Swedia.

Pemerintah Irak mengutuk serangan terhadap kedutaan, menurut pernyataan dari kantor Perdana Menteri Irak Mohammed Shia Al-Sudani, yang menyatakan itu sebagai pelanggaran keamanan dan berjanji untuk melindungi misi diplomatik.

“Tetapi Bagdad juga telah memberi tahu pemerintah Swedia bahwa terulangnya insiden yang melibatkan pembakaran Alquran di tanah Swedia akan memerlukan pemutusan hubungan diplomatik”, kata pernyataan itu.

Artikel Terkait