Iran Tuding AS Provokasi Krisis di Timur Tengah

Forumterkininews.id, Teheran- Iran menuduh AS memprovokasi krisis dan ketegangan di Timur Tengah. Pernyataan itu muncul sehari setelah Presiden AS Joe Biden mengakhiri tur ke saingan Iran dan musuh bebuyutan Israel, Arab Saudi.

“AS sekali lagi menggunakan kebijakan fobia Iran yang gagal. Mencoba menciptakan ketegangan dan krisis di kawasan itu,” kata juru bicara kementerian luar negeri Iran Nasser Kanani dalam sebuah pernyataan dikutip AFP.

Sebelum tudingan itu muncul. Biden  bersumpah bahwa Amerika Serikat tidak akan menoleransi negara mana pun untuk mendominasi negara lain. Baik itu peningkatan militer, serangan, atau ancaman.

Kunjungan pertama Biden ke Timur Tengah terjadi hanya beberapa hari sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Teheran pada 19 Juli.

Biden, dalam pidatonya di kota Jeddah Arab Saudi pada pertemuan puncak yang mempertemukan enam anggota Dewan Kerjasama Teluk serta Mesir, Yordania dan Irak, meyakinkan para pemimpin Arab bahwa AS akan tetap sepenuhnya terlibat di Timur Tengah.

“Kami tidak akan pergi dan meninggalkan kekosongan untuk diisi oleh China, Rusia atau Iran,” kata Biden.

Setelah pertemuan itu, sebuah pernyataan bersama berkomitmen para pemimpin untuk melestarikan keamanan dan stabilitas regional. Ini juga menggarisbawahi upaya diplomatik untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir. Terutama menyerukan peningkatan kemampuan pencegahan bersama melawan ancaman yang meningkat yang ditimbulkan oleh drone. Teheran, yang menyangkal dan menepis komentar yang dibuat di Jeddah.

“Tuduhan palsu ini sejalan dengan kebijakan hasutan Washington  di kawasan itu,” kata Kanani.

Artikel Terkait

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...