Israel Incar Terowongan Rahasia Milik Hamas

Forumterkininews.id, Jalur Gaza – Israel mengatakan pihaknya menyerang bagian dari terowongan rahasia. Terowongan yang dibangun di bawah Jalur Gaza oleh Hamas.

Hal tersebut seperti diungkap juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dalam sebuah video pada hari Kamis (12/10) waktu setempat.

“Bayangkan Jalur Gaza sebagai satu lapisan untuk warga sipil dan kemudian lapisan lain untuk Hamas. Kami mencoba untuk mencapai lapisan kedua yang telah dibangun Hamas,” katanya, diberitakan BBC.

“Ini bukan bunker untuk warga sipil Gaza. Ini hanya untuk Hamas dan teroris lainnya agar mereka dapat terus menembakkan roket ke Israel, merencanakan operasi, meluncurkan teroris ke Israel,” klaim mereka.

Pembangunan terowongan dimulai di Gaza sebelum Israel menarik pasukan dan pemukimnya pada tahun 2005.

Namun hal ini meningkat setelah Hamas menguasai Jalur Gaza dua tahun kemudian, yang mendorong Israel dan Mesir untuk mulai membatasi pergerakan barang dan orang masuk.

Israel terus melakukan pemboman di Gaza sebagai respons terhadap serangan teror Hamas yang menewaskan lebih dari 1.300 orang.

Mereka telah mengumpulkan lebih dari 300.000 tentara cadangan di sepanjang perbatasan selatannya. Namun, belum mengonfirmasi apakah Israel merencanakan operasi militer intensif.

Militer Israel pada hari Jumat meminta semua warga sipil di Kota Gaza untuk mengungsi “ke arah selatan.”
PBB mengatakan perintah agar 1,1 juta orang meninggalkan Gaza utara “tidak mungkin” tanpa konsekuensi kemanusiaan yang besar.

Artikel Terkait