Istri Kim Jong Un Muncul ke Publik Setelah 5 Bulan Tidak Terlihat

Forumterkininews.id, Pyongyang – Istri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Ri Sol Ju, muncul di media pemerintah, Rabu (2/2). Kemunculan Ri Sol Ju kembali terlihat setelah hampir lima bulan tidak terkena sorotan media.
Kantor berita KCNA mengatakan Kim dan Ri menghadiri pertunjukan seni di Teater Seni Mansudae ibukota Pyongyang. Kemunculan Ri Sol untuk merayakan liburan Tahun Baru Imlek
Dia terakhir kali terlihat tampil di depan umum 9 September 2021. Saat itu, dirinya bergabung dengan suaminya mengunjungi Istana Matahari Kumsusan, yang menampung jenazah kakek dan ayah mendiang Kim yang diawetkan.
“Kim muncul di auditorium teater bersama istrinya, Ri Sol Ju, di tengah pemutaran musik selamat datang, para penonton mengangkat sorak sorai ‘Hore!'” kata KCNA dalam artikel resminya dikutip Reuters, Jumat (4/2).
Ri pernah mendapat perhatian internasional karena dia sering menemani Kim dalam acara sosial, bisnis, dan bahkan militer. Dia menghilang dari sorotan media pemerintah selama lebih dari setahun sebelum terlihat menghadiri konser Februari tahun lalu, memicu spekulasi tentang kesehatan dan potensi kehamilannya.
Badan Intelijen Nasional Korea Selatan mengatakan, dia tampaknya menahan diri dari kegiatan di luar untuk mencegah infeksi COVID-19 dan lebih memilih bermain dengan anak-anak mereka.
Agen mata-mata percaya Kim dan Ri memiliki tiga anak, tetapi hanya sedikit yang diketahui publik tentang mereka. Korea Utara belum mengkonfirmasi adanya wabah COVID-19, tetapi menutup perbatasannya dan menerapkan pembatasan ketat termasuk pembatasan perjalanan.

Artikel Terkait