Jalan Raya Buatan China di Barat Daya Kamerun Diresmikan

Forumterkininews.id, Yaounde-  Jalan raya utama buatan China di barat daya Kamerun diresmikan pada Jumat (29/7). Menteri Pekerjaan Umum Kamerun, Emmanuel Nganou Djoumessi mengatakan pembukaan tersebut menandai selesainya tahap pertama Jalan Raya Kribi-Lolabe. Jalan raya akan memfasilitasi pergerakan kendaraan dan orang dari bagian mana pun di Kamerun ke Kribi Deep Seaport.

“Ini adalah permata pembangunan yang akan mendorong proses industrialisasi Kamerun,” kata Djoumessi kepada wartawan dikutip Xinhua.

Jalan yang dibangun oleh China Harbour Engineering Company Ltd (CHEC) itu merupakan buah dari kerjasama erat antara China dan Kamerun, kata Menteri Keuangan Louis Paul Motaze.

Selain jalan, sebelumnya CHEC juga telah membangun pelabuhan di Kamerun. Pelabuhan Kribi merupakan pelabuhan laut dalam pertama di Kamerun.

Pada 2011, China Harbour Engineering Company Ltd. atau CHEC datang untuk membangun pelabuhan tersebut, dan Tahap I pelabuhan itu selesai dalam tiga tahun. Pelabuhan tersebut telah membantu mendorong perekonomian Kamerun.

Sebagai bagian dari proyek pelabuhan itu, CHEC juga membangun jalan raya Kribi-Lolabe yang akan memenuhi kebutuhan transportasi dan logistik pelabuhan.

Saat ini, CHEC tengah membangun Pelabuhan Laut Dalam Kribi Tahap II. Setelah proyek tersebut selesai, Pelabuhan Kribi diharapkan akan menjadi pelabuhan transit peti kemas yang besar dan pelabuhan pusat yang komprehensif di Afrika Barat dan Tengah.

 

Artikel Terkait