Jateng Urutan 19 PON XXI, Pj Gubernur: Bonus Rp260 Juta Menanti Peraih Emas

FTNews, Aceh— Jelang pembukaan PON XXI, para kepala daerah pun turut sibuk memperkuat atlet-atlet daerahnya agar bisa meraih prestasi sebaik mungkin sekaligus mengharumkan daerahnya. Tak terkecuali Jawa Tengah. Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana pun telah berada di Aceh tempat dimana besok (9/9/2024) bakal digelar pembukaan PON XXI oleh Presiden Joko Widodo.

Sebagaimana diketahui, sebagian cabang olahraga telah memulai pertandingannya sebelum PON XXI resmi dibuka. Jateng saat ini masih berada di urutan ke-19 dan belum satu pun meraih medali emas. Perolehan medali sementara 5 perak dan 11 perunggu.

Pada PON XX Papua lalu, Jateng berhasil menempati lima besar daerah peraih medali emas terbanyak dengan 27 emas, 47 perak dan  64 perunggu (total 138 medali).

Nana Sudjana yang mendatangi Posko Kontingen Jateng di Hotel Hip Hope, Aceh, memberi suntikan semangat dan motivasi agar kiprah para atlet Jateng juga para anggota kontingen lainnya, memberikan prestasi di event empat tahunan ini.

“Target itu harus ada, biar memberikan motivasi. Saya berharap, diberikan motivasi,” tuturnya, di dampingi Ketua Umum KONI Jawa Tengah Bona Ventura Sulistiana, dan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Agung Hariyadi, dilansir keterangan Diskominfo Jateng.

Nana menekankan agar perolehan medali Jateng di PON kali ini, bisa lebih banyak. “Kita memang belum mendapatkan emas. Target kita, emas didapat dari cabang-cabang olahraga unggulan, yang saat ini belum bertanding. Ada taekwondo, atletik, wushu, menembak, pencak silat, panahan,” ujarnya.

Meski begitu, Pj Gubernur mendorong cabang olahraga lain tetap bisa meraih prestasi bagus. Oleh karena itu, mental atlet yang berani atau petarung, harus senantiasa ada atau menyala dalam diri atlet Jateng.

BACA JUGA:   Agus Fatoni Minta Masyarakat Ikut Menyukseskan PON XXI dan Pilkada Serentak

Ia menyampaikan, untuk atlet peraih medali emas perorangan, bakal mendapat bonus Rp250 juta dan akan ditambah Rp10 juta. Dengan demikian, atlet peraih emas bisa mendapatkan bonus Rp260 juta. “Sampaikan (ke atlet) jumlah (bonus) itu, biar mereka merasa, harus dapat ini. Jadi menambah semangat para atlet kita,” tegasnya.

Ketua Umum KONI Jawa Tengah Bona Ventura Sulistiana, menyambut positif motivasi dari Pj Gubernur Nana Sudjana, kepada para atlet yang sedang berkompetisi pada PON Aceh dan Sumut.

“Saya kira ini positif sekali. Ini cerminan, Bapak Pj Gubernur serius mengharapkan kita bisa berprestasi. Sehingga kita melakukan evaluasi,” tuturnya, di lokasi.

Tujuh Cabor Unggulan

Bona mengakui, cabor yang telah bertanding hingga hari itu, belum ada yang menjadi unggulan kontingennya. Ada tujuh cabor unggulan Jateng, yakni menembak, panahan, pencak silat, taekwondo, wushu, panjat tebing, dan atletik.

“Cabor yang memperoleh emas, kita akan tambahi Rp10 juta selain bonus. Kalau bonus kan kita usulkan Rp250 (juta) nantinya. Itu untuk stimulus lain, jadi perangsang agar mereka bisa berprestasi,” ujarnya.

Sebagai informasi, dari data KONI Jateng, jumlah kontingen Jateng yang diberangkatkan di PON XXI Aceh-Sumut yaitu 743 orang atlet, dan 279 orang ofisial dengan 60 cabor, serta 595 nomor pertandingan.***

Artikel Terkait