Jelang P20, RI dan Inggris Genjot Kerja sama Ekonomi Hijau

Forumterkininews.id, Jakarta – Ketua DPR RI, puan Maharani berharap Indonesia dan Inggris kian memperkuat agenda implementasi ekonomi hijau jelang Parliamentary 20 (P20).

“Saya berharap kerja sama Indonesia dan Inggris berfokus pada sektor ekonomi hijau,” kata Puan dalam keterangan resminya, Selasa (4/10).

“Seperti investasi dan pengembangan teknologi yang ramah lingkungan untuk transisi ekonomi,” tambahnya.

Selain itu, ia berharap Indonesia-Inggris berupaya memanfaatkan forum Joint Economic and Trade Committee (JETCO) untuk memperkuat kerja sama.

Baik dalam sektor ekonomi dan perdagangan yang berkelanjutan sekaligus saling menguntungkan.

“Melalui Peta Jalan Kemitraan Indonesia-Inggris tahun 2022-2024, bisa menjadi pandu bagi kedua negara untuk mewujudkan harapan,”ungkapnya.

Puan pun juga menyambut baik jalinan kerja sama pengembangan program transportasi rendah karbon. Kerja sama itu telah disepakati oleh pemerintah Indonesia dan Inggris di Jakarta pada Selasa (5/7) lalu.

Tidak berhenti pada transportasi rendah karbon, apresiasi ia sampaikan untuk kerja sama dalam sektor pertahanan.

“Di tingkat global, saya berharap kerja sama Indonesia dan Inggris juga dapat ditingkatkan. Saya mengapresiasi kerja sama dan kolaborasi antara Indonesia dan Inggris untuk memperkuat multilateralisme (menolak unilateralisme) dan pendekatan kolaboratif dalam mengatasi masalah-masalah global,” tandasnya.

Selain itu, dirinya turut meminta dukungan Parlemen Inggris untuk turut mendukung integritas teritorial Indonesia.

“Hal tersebut sehubungan dengan adanya aksi-aksi individu atau kelompok di Inggris yang mengadvokasi aksi yang menentang integritas teritorial Indonesia, khususnya di Papua,” pungkas Puan.

Artikel Terkait