Jepang akan Gelar Pemakaman Kenegaraan untuk Shinzo Abe

Forumterkininews.id,Tokyo – Jepang akan mengadakan pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe musim gugur ini.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan, pemakaman pribadi untuk Abe sudah digelar untuk keluarga dan rekan dekat minggu ini di sebuah kuil Tokyo. Namun pemakaman kenegaraan juga akan diadakan. Hal ini untuk menunjukkan bahwa Jepang tidak akan menyerah pada kekerasan dan bertekad melindungi demokrasi.

“Dia (Abe) dijunjung tinggi oleh masyarakat internasional, termasuk para pemimpin asing. Mengingat hal ini, kami akan mengadakan pemakaman kenegaraan untuknya pada musim gugur.”kata Kishida, dikutip AFP, Jumat (15/7).

Abe yang berusia 67 tahun menjabat selama hampir sembilan tahun hingga mengundurkan diri pada tahun 2020 karena alasan kesehatan.

Masa kekuasaannya yang relatif panjang serta dukungan rekonstruksi setelah bencana tsunami merupakan jejak karir politiknya. Selain itu diplomasi penguatan hubungan Jepang-AS merupakan salah satu keberhasilannya sehingga dirinya senantiasa dihormati.

Menurut media lokal, itu akan menjadi pemakaman kenegaraan kedua yang diadakan di Jepang pascaperang untuk seorang mantan perdana menteri. Sebelumnya sudah pernah diadakah pemakaman kenegaraan Shigeru Yoshida tahun 1967.

Abe, politisi paling terkenal Jepang dan perdana menteri terlama, ditembak mati di siang bolong saat berkampanye pada hari Jumat (8/7) menjelang pemilihan majelis tinggi

Tersangka pembunuhan, Tetsuya Yamagami, 41 tahun telah ditahan. Ia  mengatakan kepada polisi telah sejak lama menargetkan Abe karena dia yakin politisi itu terkait dengan organisasi yang dia benci.

Yamagami dilaporkan mengatakan kepada penyelidik bahwa sumbangan ibunya untuk kelompok itu telah menyebabkan kesulitan bagi keluarganya.

Artikel Terkait