Jepang Gelontorkan Rp27 Miliar untuk Pemakaman Shinzo Abe

Forumterkininews.id, Tokyo –  Jepang menghabiskan $1,83 juta atau setara Rp27 Miliar untuk pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Diketahui, pemerintah Jepang sendiri telah memutuskan untuk mengadakan pemakaman kenegaraan bagi Abe di arena Nippon Budokan Tokyo. Acara ini akan dilangsungkan 27 September mendatang.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishid memutuskan bahwa proses pemakaman kenegaraan dibayar dengan dana negara. Namun,  jajak pendapat menunjukkan penentangan yang masif  terhadap rencana pemakaman itu. Dalam laporan terbaru 53 persen responden menentang pemakaman kenegaraan tersebut.

Sementara itu, kepala sekretaris kabinet Hirokazu Matsuno dalam konferensi pers menyebut Abe sangat dihormati baik di Jepang maupun di dunia internasional. Ada banyak pesan belasungkawa sejak kematiannya.

“Kami percaya Jepang sebagai negara perlu menanggapinya sebagai respon internasional. Jadi kami memutuskan untuk melakukan pemakaman kenegaraan. Kegiatan yang digelar pemerintah Jepang ini juga mengundang masyarakat internasional,” katanya.

Artikel Terkait