Jerman Enggan Akui Afghanistan Jika Kondisinya Masih Mengerikan

Forumterkininews.id, Berlin – Pemerintah Jerman menegaskan tidak mau mengakui Taliban sebagai penguasa sah Afghanistan selama kondisi mengerikan di bawah kelompok itu masih terjadi di Afghanistan.

Sejauh ini, memang tidak ada negara lain yang secara resmi mengakui Taliban sejak mereka mengambil alih Afghanistan Agustus lalu ketika pasukan asing yang didukung AS mundur setelah dua dekade perang.

“Selama mereka menempuh jalan ini, tidak ada ruang untuk normalisasi dan apalagi pengakuan terhadap Taliban sebagai penguasa sah negara itu, pada saat yang sama kami tidak akan meninggalkan rakyat Afghanistan,” kata Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock, saat konferensi pers di Islamabad, Pakistan, dikutip Reuters, Rabu (8/6).

Menyusul hal itu, Baerbock menyebut Jerman akan mengirim bantuan kemanusiaan ke Afghanistan. Dia memperingatkan krisis kemanusiaan dan ekonomi yang menjulang di sana di mana anak perempuan kehilangan pendidikan, perempuan dikeluarkan dari kebebasan publik dan mereka yang menyuarakan hal berbeda dengan pemerintah akan ditekan.

“Ketika kami melihat ke seberang perbatasan, situasinya mengerikan,” tandasnya.

Ia pun menyerukan persatuan untuk menekan Taliban. “Masyarakat internasional harus bersatu dan bersama-sama memberi tahu Taliban dengan lantang dan jelas bahwa ‘Anda menuju ke arah yang salah’, “ujarnya lagi.

Baerbock juga mengatakan Jerman dan Pakistan telah merampingkan sistem untuk membawa pengungsi Afghanistan ke Jerman melalui Pakistan dan lebih dari 14.000 warga Afghanistan yang sangat berisiko telah dapat melakukan perjalanan ke Jerman selama beberapa bulan terakhir.

Artikel Terkait