Jokowi Sebut P20 Jadi Ajang Kolaborasi Antar Negara

Forumterkininews.id, Jakarta -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penyelenggaraan P20 menambah optimisme baru terhadap kekuatan masing-masing negara dalam bekerja sama, saling belajar dan berkolaborasi.

“Dalam menghadapi ancaman besar ini, kemampuan dari setiap negara itu berbeda-beda,” katanya dalam sambutannya di Gedung DPR, Kamis (6/10).

“Ada negara yang mampu bertahan dan memiliki resiliensi yang tinggi, tapi banyak juga negara yang terancam menjadi negara gagal yang memperlebar ketidakseimbangan ekonomi global.”

Jokowi optimistis, Forum Parlemen G20 tersebut menjadi sangat strategis untuk membicarakan agenda-agenda bersama dunia yang memerlukan dukungan politik dari parlemen.

“Kita harus menurunkan ego kita masing-masing, kita harus berupaya keras mengatasi perbedaan-perbedaan. Selain itu juga memperbanyak dan memperkuat titik temu untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia serta mengatasi krisis lebih efektif,”paparnya.

Multilateralisme kata Jokowi,  dinilai merupakan jalan yang paling efektif untuk mengatasi tantangan yang ada.

Sebab, dalam menhadapi permasalahan dunia, tidak bisa diselesaikan oleh satu negara saja. melainkan harus dengan duduk bersama. Membangun jembatan dialog untuk menemukan jalan keluarnya.

Oleh karena itu, Jokowi mengajak parlemen global untuk dapat menjadi bagian dari solusi.

Serta berperan sebagai jembatan, membawa misi perdamaian membangun dialog.

Serta membangun perundingan, mengedepankan kebersamaan, menghindari perpecahan.

“Saya berharap forum ini merupakan ajang yang tepat untuk membangun kebersamaan dengan rakyat membangun kebersamaan lintas negara membangun perdamaian dunia serta bekerja bersama memecahkan masalah kemanusiaan dan membangun dunia yang lebih makmur berkeadilan,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...