Jokowi Sudah Teruskan Pesan Zelenskyy untuk Putin

Forumterkininews.id, Moskow- Presiden  Joko Widodo (Jokowi) menyebut dirinya menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin setibanya di Moskow dan bertemu dengan orang nomor satu Kremlin itu.

“Saya menyampaikan pesan Presiden Zelenskyy kepada Presiden Putin,” kata Jokowi saat bertemu Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6), dikutip AFP.

Namun ia tak merinci pesan apa yang disampaikan tersebut. Hanya menyebutnya sebagai upaya pembicaraan damai.

Baca Juga: Jokowi: Presiden Putin Beri Jaminan Keamanan Pasokan Pangan

Ia menyatakan kesiapannya untuk membantu memulai  komunikasi antara kedua pemimpin yang kini tengah berkonflik itu. Walau di tengah situasi yang masih sulit.

“Meskipun situasi eksternal masih sulit, namun tetap penting untuk bergerak menuju penyelesaian dan dialog terbuka,” tandasnya.

Lebih lanjut dirinya juga menyampaikan harapannya agar perang segera berakhir.

“Dalam situasi sulit ini saya  mengajak seluruh pemimpin dunia untuk menghidupkan kembali semangat kerja sama,” tandasnya.

Sementara itu, Putin sendiri menyebut pembicaraannya dengan Presiden Jokowi sebagai satu hal yang produktif lantaran ia berharap pembicaraan tersebut dapat memperkuat hubungan bilateral  Rusia dan Indonesia.

“Saya yakin bahwa kesepakatan yang dicapai hari ini akan semakin memperkuat kemitraan Rusia-Indonesia,” tambah Putin.

Artikel Terkait