Jokowi Temui Lima Anggota Kongres AS, Bahas Tiga Isu

Forumterkininews.id, Jakarta -Presiden Joko Widodo bertemu dengan lima orang anggota Kongres Amerika Serikat dari Partai Demokrat. Pertemuan itu berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/4).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, pertemuan itu membahas sejumlah hal penting.

“Jadi lima anggota Kongres dari Demokrat dan dalam pembicaraan pertama, dari pihak (anggota kongres) Amerika memberikan komitmen mengenai pentingnya ‘berpartner’ dengan Indonesia,” kata Menlu Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menlu Retno Marsudi. Kemudian Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan turut hadir Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y. Kim.

“Kemudian yang kedua, komitmen untuk memperdalam dan memperluas ‘strategic partnership’ dengan Indonesia,” ungkap Menlu.

Isu ketiga dibahas adalah menyampaikan kembali apresiasi atas kepemimpinan Indonesia dalam G20.

“Istilahnya mereka, ‘Indonesia is shining now’ dan mereka memberikan dukungan yang kuat terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN,” tambah Menlu.

Menurut Menlu, Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut menyampaikan komitmen Indonesia terhadap isu perubahan iklim dan isu tersebut memang menjadi ketertarikan dari delegasi anggota kongres AS.

“Makanya Bapak Presiden bicara dengan data untuk menunjukkan bahwa kita telah ‘achieved of things’ di bidang ‘climate change’,” kata Menlu.

“Termasuk ‘environment’, juga mengurangi kebakaran hutan yang menurun lebih dari 80 persen itu yang disampaikan Bapak Presiden. Sekali lagi Bapak Presiden memberikan semua data melalui paparan,” jelasnya.

Artikel Terkait

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...