Jumat Pagi, Rusia Bombardir Seluruh Wilayah Ukraina

Forumterkininews.id, Moskow- Rusia menyerang kota-kota secara luas di seluruh Ukraina pada Jumat (28/4) pagi, dari ibu kota Kiev melalui wilayah tengah dan selatan dan menewaskan lima orang.

Melansir Reuters, serangan itu terjadi ketika pasukan Ukraina diperkirakan akan segera melancarkan serangan dengan peralatan militer baru, termasuk tank, dari sekutu Baratnya.

Di pusat kota Uman, tiga orang tewas dan delapan lainnya luka-luka ketika sebuah rudal menghantam sebuah gedung apartemen, membakarnya, kata Ihor Taburets, kepala administrasi militer di daerah tersebut.

Di pusat kota Dnipro, sebuah rudal menghantam sebuah rumah dan seorang anak serta seorang wanita muda tewas, Borys Filatov, walikota, mengatakan di Telegram.

Selain itu, Kiev juga diguncang oleh ledakan dan sirene serangan udara serta ledakan dilaporkan di seluruh negeri. Dua orang terluka di kota Ukrayinka.

Administrasi militer ibukota mengatakan unit anti-pesawat telah menghancurkan 11 rudal dan dua drone, dengan puing-puing merusak saluran listrik.

Interfax mengatakan ledakan juga dilaporkan setelah tengah malam di Dnipro, Kremenchuk dan Poltava di Ukraina tengah dan di Mykolaiv di selatan.

Serangan Rusia pada hari Jumat terjadi sehari setelah Kremlin mengatakan akan menyambut apa pun yang dapat mengakhiri konflik lebih dekat, merujuk pada panggilan telepon antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada hari Rabu.

Yang mana itu adalah pertama kalinya para pemimpin berbicara sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari tahun lalu.

Artikel Terkait