Jurus “Sakti” Sheikh Hasina, Menang Pemilu Bangladesh 4 Kali Berturut-turut

FTNews – Sosok Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina, ramai diperbincangkan publik usai kembali memenangkan pemilu negara itu empat kali berturut-turut.

Bak punya jurus sakti dalam meraih simpati publik, Hasina akan menjabat lima tahun lagi. Setelah partainya Liga Awami meraih setidaknya 152 dari 300 kursi parlemen yang diperebutkan.

“Liga Awami yang dipimpin Hasina telah memenangkan pemilu”, kata juru bicara Komisi Pemilihan Umum Bangladesh dikutip AFP, Senin (8/1).

Baca Juga: Rekor! 1.000 Warga Bangladesh Tewas Akibat DBD Tahun Ini

Hasina memenangkan mayoritas suara di Bangladesh ketika oposisi negara itu memboikot pemilu, dengan mengatakan pemilu tersebut tidak adil.

(Dok: Reuters)

Oposisi utama Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Khaleda Zia, menolak menerima hasil pemilu. Dan mengatakan bahwa para pemilih di Bangladesh menolak pemilu yang sepihak oleh pemerintah.

Karena oposisi utama  memboikot pemilu tersebut, partai Hasina dan sekutunya diperkirakan juga akan memenangkan sisa kursi.

BNP menuduh pemilu itu palsu. Hasil pemilu yang digelar pada Minggu (7/1) itu juga terjadi setelah penangkapan massal terhadap para pemimpin dan pendukung BNP.

Angka resmi menunjukkan tingkat partisipasi pemilih yang rendah, yaitu sekitar 40%, meskipun para kritikus mengatakan angka tersebut mungkin saja dilebih-lebihkan.

Artikel Terkait