Ka’bah Pusat Medan Magnet Bumi, Benarkah?

FTNews – Media sosial diramaikan dengan pembahasan Ka’bah Pusat Medan Magnet Bumi. Kondisi ini membuat pesawat dilarang terbang di atasnya, tapi apakah benar demikian?

Pembahasan ini ramai di media sosial Facebook dan telah dibagikan dari 1.500 kali dalam beragam bahasa. Akun yang mengunggah postingan ini menyebut bahwa “tidak mungkin terbang di atas Ka’bah, apakah itu dengan burung atau bahkan dengan pesawat”. Rumor ini digemari oleh penggemar teori konspirasi.

Sayangnya, rumor ini ternyata tidak benar. Mengutip Fact Check AFP, peneliti senior di Institute of Physique of the Globe of Paris Julien Aubert mengatakan bumi memang memiliki medan magnet, tapi lokasinya bukan di Mekkah.

Medan Magnet merupakan medan gaya yang berlaku pada benda bermagnet apa pun. Medan magnet ini tidak terlihat, namun efeknya sangat penting bagi kehidupan di Bumi.  Meski ada medan magnet, tapi bukan berarti pesawat terbang melintas di atasnya.

“Gangguan magnetik tidak menghalangi pesawat untuk terbang. Gangguan tersebut paling banyak dapat mengacaukan kompas, tetapi pesawat jelas menggunakan sistem geolokasi yang lebih modern,” ujarnya.

Ka’bah Pusat Medan Magnet Bumi dan membuat pesawat tak bisa terbang di atas Ka’bah lebih karena masalah ideologis. Sebab, Ka’bah menjadi tempat suci umat islam di mana mereka menghadapnya ketika beribadah. Meski demikian, ada beberapa pengecualian, terkadang helikopter diperbolehkan terbang di atas Mekkah.

Artikel Terkait