Kabinet Prancis Ancam Bubar Jika Macron Terpilih Lagi

Forumterkininews.id, Paris – Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengancam akan mengajukan pengunduran dirinya jika Emmanuel Macron terpilih kembali sebagai presiden Prancis.

“Jika dia terpilih kembali, seperti tradisi, saya akan menyampaikan pengunduran diri saya dan pemerintah kepada presiden,” kata Castex kepada radio France Inter, dikutip CNA, Rabu (20/4).

“Saya termasuk di antara mereka yang berpikir dorongan baru harus ditemukan setelah presiden terpilih kembali,” tambahnya.

Diketahui, Macron menghadapi persaingan ketat dalam putaran kedua pilpres Prancis  melawan veteran sayap kanan Marine Le Pen. Beberapa hasil analis memperingatkan bahwa jumlah pemilih yang rendah dapat membuktikan wildcard. Meskipun sebagian besar jajak pendapat menunjukkan Macron memimpin.

Macron dan Le Pen akan berhadapan Rabu (20/4) malam dalam debat televisi pertama mereka. Hal ini menjadi penting untuk memenangkan jutaan pemilih. Khususnya bagi mereka yang mengaku masih meragukan lembaga pemilih apresidenperusahaan pemungutan suara bahwa mereka masih ragu-ragu. 

Jajak pendapat saat ini menempatkan Macron yang berhaluan berada di atas angin. Pasalnya saat ini  Macron telah mendapatkan 56 persen dari hasil survei. Pada surver sebelumnya Macron hanya mendapatkan 53 persen.

Macron dan Le Pen berusaha menarik pemilih yang mendukung pemimpin sayap kiri Jean Luc Melenchon, setelah ia berada di urutan ketiga pada putaran pertama pada 10 April dengan sekitar 22 persen suara.

Partai Melenchon tidak memberikan instruksi pemungutan suara untuk putaran kedua setelah konsultasi internalnya menunjukkan kebanyakan orang akan abstain atau memberikan suara kosong pada 24 April.

Artikel Terkait