Kalah Saing, Pembangkit Listrik Terbesar di Australia Tutup

Forumterkininews.id, Sydney – Pembangkit listrik tenaga batu bara terbesar di Australia dikabarkan akan ditutup tujuh tahun lebih awal dari yang direncanakan. Hal ini dikarenakan operator tidak mampu bersaing dengan masuknya energi terbarukan.Pabrik Eraring berdaya 2,88 gigawatt yang akan ditutup terletak di wilayah Hunter, utara Sydney, Australia. Pembangkit ini dioperasikan Origin Energy. Pabrik akan ditutup pada 2025 dan digantikan baterai skala besar.

Hal ini menambah daftar panjang pembangkit batu bara yang terpaksa ditutup oleh pertumbuhan energi angin dan matahari yang murah di Australia.

“Pasar energi Australia saat ini sangat berbeda dengan saat Eraring diperkenalkan secara online pada awal 1980-an,” kata kepala eksekutif Origin, Frank Calabria dikutip BBC.

Diketahui, ketergantungan Australia pada pembangkit listrik tenaga batu bara telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir. Namun, batu bara masih memasok 60% listrik negara, menjadikannya salah satu negara penghasil karbon per kapita tertinggi.

Energi terbarukan menyumbang sekitar sepertiga dari pembangkit listrik Australia tahun lalu dan diperkirakan mendekati 70% pada akhir dekade ini.

Pekan lalu, raksasa energi saingannya AGL mengatakan akan mempercepat penutupan dua pembangkit listrik tenaga batu bara terbesarnya dalam beberapa tahun.

Artikel Terkait