Kalahkan Sunak, Liz Truss Jadi PM Baru Inggris

Forumterkininews.id, London-  Liz Truss resmi dikukuhkan sebagai Perdana Menteri baru negara itu. Dia mengalahkan pesaingnya untuk menggantikan Boris Johnson.

Saat dilantik pada Senin, (5/9) dia bersumpah  untuk memperbaiki krisis ekonomi terburuk Inggris dalam beberapa dekade.

“Saya berkampanye sebagai konservatif, dan saya akan memerintah sebagai konservatif,” kata wanita berusia 47 tahun itu dikutip CNA.

Dalam sambutannya, Truss juga  berjanji  untuk mengatasi pemotongan pajak dan krisis energi, yang dia indikasikan akan dibiayai oleh pinjaman yang jauh lebih tinggi – bahkan dengan risiko memicu inflasi dua digit.

Truss berhasil mengalahkan saingannya, mantan menteri keuangan Rishi Sunak dalam kemenangan yang diputuskan oleh lebih dari 170.000 anggota Konservatif Inggris.

Sunak yang berbesar hati menerima kekalahannya, mentweet bahwa sekarang adalah waktu bagi partai untuk bersatu sebagai “satu keluarga”.

Truss  akan menjadi wanita ketiga di Inggris yang menjadi perdana menteri setelah Theresa May dan Margaret Thatcher.

Dia secara resmi akan menjabat pada hari Selasa, setelah Johnson mengajukan pengunduran dirinya kepada Ratu Elizabeth II.

“Saya tahu dia memiliki rencana yang tepat untuk mengatasi krisis biaya hidup, menyatukan partai kita dan melanjutkan pekerjaan besar untuk menyatukan dan meningkatkan negara kita,” cuit Johnson.

“Sekarang adalah waktunya bagi semua Konservatif untuk mendukungnya 100 persen.”imbuhnya.

 

Artikel Terkait