Kanada Laporkan 890 Kasus Cacar Monyet

Forumterkininews.id, Ottawa – Badan Kesehatan Masyarakat Kanada mengkonfirmasi 890 kasus cacar monyet di negara itu, Rabu (3/8).

Melansir Xinhua, badan kesehatan mengatakan, dari kasus yang dikonfirmasi, 423 kasus berasal dari Ontario. Kemudian 373 kasus dari Quebec, 78 dari British Columbia, 13 dari Alberta. Terakhir dua kasus dari Saskatchewan dan satu dari Yukon.

Laboratorium Mikrobiologi Nasional Kanada saat ini  sedang melakukan pengujian diagnostik untuk virus yang menyebabkan cacar monyet. Selain itu, laboratorium sedang melakukan pengurutan seluruh genom, analisis sidik jari yang disempurnakan, pada sampel monkeypox Kanada.

Pemerintah Kanada telah menyebarkan lebih dari 70.000 dosis vaksin Imvamune dan terus bekerja secara aktif dengan yurisdiksi untuk mengelola respons kesehatan masyarakat.

Organisasi Kesehatan Dunia sebelumnya telah menyatakan wabah saat ini sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Wabah cacar monyet dikonfirmasi pada 6 Mei 2022 di Britania Raya. Wabah ini diawali saat penduduk Inggris bepergian ke Nigeria di Afrika Barat, tempat penyakit ini bersifat endemis. Selama berada di sana, penduduk menunjukkan gejala dan tanda klinis yang konsisten dengan cacar monyet pada tanggal 29 April 2022.

Artikel Terkait