Kandidat Pemilu Pakistan Tewas Ditembak saat Kampanye

FTNews – Seorang kandidat pemilihan umum (pemilu) Pakistan ditembak mati saat berkampanye pada Rabu, (10/1). Hal ini kian mengkhawatirkan menjelang penyelenggaraan pemilu negara itu pada 8 Februari.

Melansir Arab News, serangan itu terjadi di desa Tappi di distrik suku Waziristan Utara, Pakistan.

Kandidat yang tewas adalah Kaleemullah Dawar. Ia merupakan calon independen dari daerah pemilihan DPRD PK-104. Ia tewas terkapar sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

“Ya, dia (Kaleemullah Dawar) tewas bersama dua rekannya. Usai OTK menyerangnya,” kata petugas polisi distrik setempat, Rokhanzeb Khan.

Khan menambahkan bahwa insiden itu terjadi di daerah yang sama di mana mantan anggota parlemen Mohsin Dawar lolos tanpa cedera dalam serangan serupa pekan lalu.

Kata Khan, Kaleemullah Dawar sedang melakukan perjalanan dari Miran Shah, markas besar distrik tersebut, ketika orang-orang bersenjata menargetkan kendaraannya.

Dalam insiden terpisah, seorang pejabat provinsi Balochistan di barat daya Pakistan mengonfirmasi bahwa kandidat Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) yang akan mengikuti pemilu mendatang terluka parah pada hari Rabu.

Menteri Penerangan Balochistan Jan Achakzai mengatakan kandidat PML-N menjadi sasaran orang-orang bersenjata di Taman Nasional Issa Turbat.

Achakzai bersumpah bahwa mereka yang mengganggu perdamaian di provinsi tersebut tidak akan selamat.

“Musuh-musuh Balochistan dan Pakistan berusaha menciptakan krisis hukum dan ketertiban. Namun, mereka tidak akan berhasil dalam rencana jahat mereka,” tambahnya.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan tiga orang termasuk Malik Kaleem Ullah, kandidat independen Majelis Provinsi Khyber Pakhtunkhwa itu.

Artikel Terkait