Kandidat Presiden Ekuador Tewas Ditembak

Forumterkininews.id, Quito- Kandidat presiden Ekuador Fernando Villavicencio, tewas ditembak orang tak dikenal saat menggelar kampanye di kota Quito utara pada Rabu, (9/8) malam.

Melansir AFP,  tersangka penembakan juga tewas seketika di tempat usai mengalami luka akibat baku tembak dengan sejumlah pihak yang mengamankan kampanye tersebut.

Atas peristiwa tersebut, presiden Ekuador Guillermo Lasso pun mengaku tak akan membiarkan kasus berjalan begitu saja dan akan mengambil langkah nyata walau tersangka penembak tewas di lokasi.

“Untuk kenangan dan perjuangannya, saya meyakinkan  bahwa kejahatan ini tidak akan dibiarkan begitu saja,” kata Lasso di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Kejahatan terorganisir telah berjalan sangat jauh, tetapi semua beban hukum akan menimpa mereka.”imbuhnya.

Selain Villavicencio, sembilan orang  termasuk seorang calon legislatif dan dua petugas polisi juga terluka dalam serangan itu.

Partai Villavicencio, Movimiento Construye mengatakan bahwa orang-orang bersenjata menyerang kantornya di Quito dalam insiden terpisah. Partai tersebut juga mangaku telah menggelar diskusi baru-baru ini tentang apakah akan menunda kampanye karena kekerasan politik, termasuk pembunuhan walikota Manta pada bulan Juli.

Villavicencio disebut menjadi orang yang menentang penangguhan kampanye tersebut.

Artikel Terkait