Kapolda Sumut Tinjau Command Center, Jamin Keamanan PON XXI 2024

FT News – Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Whisnu Hermawan Februanto meninjau Command Center dalam Operasi Harimau Sumatra (Hatra) 2024 untuk menjamin keamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

“Adanya command center ini kami siap mengamankan acara nasional ini agar berjalan aman dan lancar,” ujar Kapolda Sumut di Medan, Senin (9/9/2024).

Whisnu mengatakan dari Command Center tersebut, kepala perencanaan dan pengendalian operasi dapat memonitor langsung setiap kegiatan para kasatgas lapangan.

Serta seluruh anggota yang sudah disebar klaster-klaster di objek pengamanan yaitu klaster stadion utama opening ceremony, penginapan atlet dan ofisial, jalur lalu lintas, dan arena lainnya.

“Ini adalah ruang kendali untuk memonitor kegiatan pengamanan, tidak hanya objek kegiatan, tetapi di objek-objek penginapan para atlet ofisial dan stadion nantinya,” kata mantan Dirtipideksus Bareskrim Polri ini.

Whisnu menjelaskan command center ini juga terkoneksi dengan kamera pengintai atau CCTV yang berada di Kota Medan. Para petugas pada saat diperlukan untuk melaksanakan kegiatan di lapangan bila ada permasalahan, ancaman dan gangguan di lapangan dapat dikendalikan dengan cepat.

Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Februanto meninjau command center. Ist

“Personel pengamanan sudah disebar berdasarkan surat perintah dan mapping kerawanan, kemudian untuk memonitor dan melaporkan situasi personel dilengkapi alat berupa HT, kemudian CCTV yang terkoneksi dengan posko, CCTV yang terpasang di objek-objek tertentu, dan juga HT yang terkoneksi video analytic,” katanya.

Kapolda Sumut mengatakan, keberadaan posko ini untuk menjamin kegiatan aktivitas masyarakat tidak terganggu selama Gelaran PON XXI yang berlangsung 9-20 september 2024.

“Operasi Hatra Toba yang digelar Polda Sumut menjamin aktivitas masyarakat tidak terganggu, kemudian menjamin pelaksanaan PON XXI ini berlangsung dengan aman. Tentunya pengendalian personil di lapangan tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat,” kata Whisnu.

BACA JUGA:   KPK Nge-gas! Geledah Dinkes Semarang Hari Ini, Penyidik Sita Satu Koper
900 Personel Disiagakan

Sebanyak 900 personel disiagakan Polda Sumatera Utara (Sumut) untuk memastikan situasi keamanan di Stadion Baharoedin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang yang menjadi tempat pembukaan (Opening Ceremony) kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Sumatera Utara (Sumut), Senin (9/9/2024) malam tetap aman.

Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Februanto menekankan keamanan PON XXI. Ist

Ratusan personel yang disiagakan Polda Sumut itu dibagi dalam tiga ring. Yakni ring satu berada di dalam stadion, ring dua di luar stadion dan ring tiga pengawalan serta pengamanan jalur.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, lebih kurang sebanyak 6 ribu orang akan memadati Stadion Baharoedin Siregar dalam acara Opening Ceremony PON 2024 di Kabupaten Deliserdang.

Untuk menjamin keamanan serta seluruh rangkaian kegiatan Polda Sumut telah menempatkan 900 personel melaksanakan pengamanan di stadion,” kata Kombes Hadi, Senin (9/9/2024).

Ia mengungkapkan, pengamanan yang dilaksanakan ini, dalam rangka Operasi Kepolisian Hatra Toba 2024 selama berlangsungnya PON 2024.

“Tujuannya, untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat, panitia, atlet, official serta pengunjung,” papar Hadi.

Artikel Terkait