Kasus Meme Stupa Borobudur dengan Terlapor Roy Suryo Naik ke Penyidikan

Forumterkininews.id, Jakarta – Polda Metro Jaya meningkatkan status penanganan perkara kasus meme stupa Candi Borobudur menjadi penyidikan. Artinya, polisi menemukan dugaan pelanggaran pidana dalam peristiwa tersebut.

“Statusnya dari poses penyelidikan sudah ditingkatkan ke penyidikan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/6).

Dedi menjelaskan perkara tersebut dilimpahkan dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri ke Polda Metro Jaya karena pihak Polda juga menerima laporan terhadap Roy Suryo dengan objek kasus serupa.

Ia memastikan penyidik bertindak profesional menangani perkara tersebut. Sejumlah ahli hingga saksi telah diperiksa polisi untuk mendalami perkara itu.

“Tadi malam berkas perkara yang dilaksanakan Bareskrim sudah dilimpahkan ke Polda Metro. Jadi Polda Metro yang akan menangani terkait menyangkut masalah laporan perkara RS (Roy Suryo),” tambahnya.

Total ada tiga laporan yang diterima polisi terkait unggahan Roy Suryo itu. Oleh pelapor, Roy diduga melanggar Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45A ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Sebagai informasi, foto editan tersebut diunggah Roy pada Jumat (10/6). Dalam keterangan fotonya, Ia menyinggung rencana kenaikan harga tiket Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu.

Ia pun menyebut bahwa foto tersebut merupakan hasil kreativitas dari salah seorang warganet atau netizen yang ditemukan di internet. Roy menolak disebut sebagai pembuat foto itu.

Kemudian Roy menghapus cuitannya yang berpolemik dan meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi. Lebih khususnya kepada umat Buddha.

Artikel Terkait

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...